Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Penguasaan Materi Nahwu-Sharaf terhadap Pemahaman Materi Pembelajaran Ushul Fiqih Siswa Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru.

Roby Setyawan, - (2020) Pengaruh Penguasaan Materi Nahwu-Sharaf terhadap Pemahaman Materi Pembelajaran Ushul Fiqih Siswa Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (908kB)
[img] Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (15MB)

Abstract

ABSTRAK Roby Setyawan, (2020): Pengaruh Penguasaan Materi Nahwu-Sharaf terhadap Pemahaman Materi Pembelajaran Ushul Fiqih Siswa Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu penguasaan materi Nahwu-Sharaf sebagai variabel X (variabel bebas/independen) dan pemahaman materi pembelajaran Ushul Fiqih sebagai variabel Y (variabel terikat/dependen). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan penguasaan materi Nahwu-Sharaf terhadap pemahaman materi pembelajaran Ushul Fiqih siswa Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah siswa Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru sedangkan objeknya adalah penguasaan materi Nahwu-Sharaf terhadap pemahaman materi pembelajaran Ushul Fiqih siswa Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Religi Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru yang berjumlah 50. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI religi yang berjumlah 50 orang. Teknik pengambilan sampel data menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan kolerasi product moment dengan bantuan SPSS versi 23 for windows. Berdasarkan pengolahan data terdapat pengaruh yang signifikan, dengan perolehan indeks 0,748 pada taraf signifikan 5% = 0,278 maupun pada taraf signifikan 1% = 0,361. Ini berarti r hitung lebih besar dari r tabel yang dapat digambarkan sebagai berikut 0,278 <0,748> 0,361. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan penguasaan materi Nahwu-Sharaf terhadap pemahaman materi pembelajaran Ushul Fiqih siswa Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Kata Kunci: Penguasaan Materi Nahwu-Sharaf, Pemahaman Materi Pembelajaran Ushul Fiqih

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 07 Sep 2020 04:33
Last Modified: 07 Sep 2020 04:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/30040

Actions (login required)

View Item View Item