Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS TEKNIS DAN EKONOMI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA BIOGAS DENGAN MEMANFAATKAN LIMBAH CAIR KELAPA SAWIT (Studi Kasus : PT. PNNI Desa Minas Timur, Kabupaten Siak)

SURYA DARMA, - (2020) ANALISIS TEKNIS DAN EKONOMI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA BIOGAS DENGAN MEMANFAATKAN LIMBAH CAIR KELAPA SAWIT (Studi Kasus : PT. PNNI Desa Minas Timur, Kabupaten Siak). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (760kB)

Abstract

ANALISIS TEKNIS DAN EKONOMI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA BIOGAS DENGAN MEMANFAATKAN LIMBAH CAIR KELAPA SAWIT (Studi Kasus : PT. PNNI Desa Minas Timur, Kabupaten Siak) SURYA DARMA NIM : 11355103010 Tanggal Sidang : Program Studi Teknik Elektro Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Jl. Soebrantas No. 155 Pekanbaru ABSTRAK Penggunaan bahan bakar fosil masih mendominasi sebagai bahan bakar pembangkit listrik, kondisi ini membuktikan bahwa kita masih bergantung pada energi fosil. Perlu adanya usaha serius dan sistematis untuk mengembakan dan menerapkan sumber energi terbarukan untuk mengurangi ketergantungan terhadap energi fosil, khususnya di PKS PT. Persada Nusa Nabati Indonesia, PKS ini belum memanfaatkan limbah cair hasil dari pabrik yang berupa POME, dengan belum termanfaatkan dengan maksimal, limbah ini mampu mencemari lingkungan. Sementara dilihat dari jumlah potensi POME adalah sebesar 686,47m3/hari, apabila dimanfaatkan dengan baik akan menghasilkan energi listrik sebesar 26.009,14 kWh dan mampu menanggulangi permasalahan kekurangan energi listrik di PKS. Teknologi yang dapat diterapkan untuk menghasilkan biogas adalah anaerobic digestion. Berdasarkan perhitungan analisis teknis produksi biogas, digester, pemurnian biogas, dan perhitungan gas engine, volume biogas berjumlah 20.780,75m³/h, menghasilkan daya listrik sebesar 1.083,71 kW atau sebesar 1.08 MW. Analisis ekonomi menggunakan metode Cost Benefit Analysis dengan parameter Cash Flow, NPV, dan Payback Periode, selama umur proyek 20 tahun dan tingkat suku bunga sebesar 2% menghasilkan Payback Periode 16,4 tahun. Berdasarkan analisis teknis dan ekonomi hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa sistem pembangkit listrik tenaga biogas di pabrik kelapa sawit di PT. Persada Nusa Nabati Indonesia ini layak untuk dilanjutkan Kata kunci : fosil, pome, biogas, anaerobic digester,energi listrik,cost benefit analysis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 01 Sep 2020 03:36
Last Modified: 01 Sep 2020 03:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29954

Actions (login required)

View Item View Item