Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Identifikasi Cemaran Bakteri (TPC, Colliform, Escherichia coli dan Salmonella) pada Daging Ayam Ras yang Dijual di Pasar Tradisional Kota Pekanbaru

WINDI SYAFITRI SRI WULANDARI, - (2020) Identifikasi Cemaran Bakteri (TPC, Colliform, Escherichia coli dan Salmonella) pada Daging Ayam Ras yang Dijual di Pasar Tradisional Kota Pekanbaru. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (783kB)
[img] Text
SKRIPSI LENGKAP (KECUALI BAB IV).pdf

Download (1MB)

Abstract

Identifikasi Cemaran Bakteri (TPC, Colliform, Escherichia coli dan Salmonella) pada Daging Ayam Ras yang Dijual di Pasar Tradisional Kota Pekanbaru Windi Syafitri Sri Wulandari (11381206101) Di bawah Bimbingan Rahmi Febriyanti dan Triani Adelina INTISARI Daging ayam dengan total plate count (TPC), Colliform dan Escherichia coli (E. coli) yang berada diluar ambang batas Standart Nasional Indonesia (SNI) serta positif salmonella dapat menimbulkan foodborne disease. Penelitaian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah TPC dan mengidentifikasi cemaran bakteri Colliform, Escherichia coli serta Salmonella pada daging ayam ras yang dijual di Pasar Tradisional Kota Pekanbaru. Penelitian dilakukan di Laboratorium Mikrobiologi Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Riau. Sampel diambil dengan cara Purposive sampling pada empat buah pasar tradisional di Kota Pekanbaru. Jumlah sampel yang digunkana sebanyak 12 sampel berupa daging dada dan daging paha ayam yang dianalisis secara deskriptif. Kesimpulan dari penelitian ini diketahui bahwa TPC diluar ambang batas SNI 7388:2009 sebesar 91,3% dari total sampel daging dada ayam dan 75% dari total sampel daging paha ayam. Coliform pada seluruh sampel daging dada dan daging paha ayam telah melebihi angka 1x〖10〗^2cfu/gr. E. coli pada sampel daging dada dan daging paha ayam telah melebihi angka 1x〖10〗^2cfu/gr kecuali daging dada dan paha ayam yang di jual di pasar A dan B. Beberapa sampel diketahui telah positif terkontaminasi E. coli spesifik feses unggas. Seluruh sampel tidak ditemukan (negatif) kontaminasi Salmonella. Tingginya tingkat cemaran bakteri pada daging ayam ras yang dijual di pasar tradisional kota Pekanbaru menandakan bahwa daging ayam yang dijual tidak menerapkan higiene dan sanitasi yang baik. Kata kunci: Colliform; Daging ayam; Escherichia coli; Pasar Tradisional; Salmonella; TPC.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 636 Peternakan
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 01 Sep 2020 03:13
Last Modified: 01 Sep 2020 03:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29890

Actions (login required)

View Item View Item