Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

”PEMBERIAN RANSUM MELALUI PENAMBAHAN AMPAS TAHU YANG DIFERMENTASI DENGAN ASPERGILUS NIGER TERHADAP KUALITAS KARKAS AYAM PEDAGING FASE FINISHER”

Dicky Crisdayanto, - (2020) ”PEMBERIAN RANSUM MELALUI PENAMBAHAN AMPAS TAHU YANG DIFERMENTASI DENGAN ASPERGILUS NIGER TERHADAP KUALITAS KARKAS AYAM PEDAGING FASE FINISHER”. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)

Abstract

PEMBERIAN RANSUM MELALUI PENAMBAHAN AMPAS TAHU YANG DIFERMENTASI DENGAN ASPERGILUS NIGER TERHADAP KUALITAS KARKAS AYAM PEDAGING FASE FINISHER Dicky Crisdayanto (11581101933) Di bawah bimbingan Anwar Efendi Harahap dan Rahmi Febriyanti INTISARI Ampas tahu adalah sisa-sisa pengolahan tahu yang tidak termasuk dalam produk utama, jumlahnya cukup melimpah untuk dimanfaatkan sebagai sumber protein dan menekan biaya produksi, potensi ampas tahu tersebut dapat ditingkatkan dengan proses fermentasi sehingga pemanfaatan ampas tahu dapat ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas karkas ayam ras pedaging yang diberi pakan berbahan ampas tahu fermentasi dengan Aspergillus niger dalam formulasi ransum. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan adalah konsentrasi penambahan ampas tahu fermentasi dalam ransum yang terdiri dari 4 level yaitu 0, 5, 10 dan 15%. Parameter yang diuji adalah meningkatkan bobot badan akhir, berat karkas dan persentase lemak abdominal. Data hasil penelitian dianalisis dengan analisis sidik ragam dan uji lanjut DMRT. Hasil penelitian menunjukkan pemakaian ampas tahu fermentasi dengan Aspergillus niger dalam ransum dengan penambahan sampai 15% tidak nyata (P>0,05) menurunkan lemak abdominal, berpengaruh nyata pada bobot badan akhir (P<0,05) dan sangat nyata (P<0,01) pada bobot karkas ayam ras pedaging. Dapat disimpulkan bahwa penambahan ampas tahu fermentasi dengan Aspergillus niger sampai 15% tidak dapat meningkatkan kualitas karkas ayam ras pedaging. Kata kunci: Ayam Ras Pedaging, Ampas Tahu, Karkas, Fermentasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 636 Peternakan
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 28 Aug 2020 04:28
Last Modified: 28 Aug 2020 04:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29808

Actions (login required)

View Item View Item