Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Tema Sehat Itu Penting di Kelas V SD Negeri 003 Rimba Melintang Kecamatan Rimba Melintang Kabupaten Rokan Hilir.

Wahyuni, - (2020) Penerapan Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Tema Sehat Itu Penting di Kelas V SD Negeri 003 Rimba Melintang Kecamatan Rimba Melintang Kabupaten Rokan Hilir. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (617kB)
[img] Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Wahyuni, (2020) : Penerapan Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Tema Sehat Itu Penting di Kelas V SD Negeri 003 Rimba Melintang Kecamatan Rimba Melintang Kabupaten Rokan Hilir. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan penerapan strategi pembelajaran everyone is a teacher here pada tema sehat itu penting kelas V Sekolah Dasar Negeri 003 Rimba Melintang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa diantaranya siswa tidak memperhatikan guru menyampaikan materi pembelajaran, tidak bertanya atau tidak menjawab pertanyaan dari guru, tidak mengerjakan tugas dari guru, keluar masuk selama proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan 21 orang siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 003 Rimba Melintang, Objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi Everyone Is A Teacher Here dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini diketahui sebelum dilakukan tindakan motivasi belajar siswa diperoleh dengan persentase sebesar 39,46% atau berada pada kategori rendah. Setelah menerapkan strategi everyone is a teacher here pada siklus I motivasi belajar siswa mencapai 57,14% dengan kategori sedang. Pada siklus II motivasi belajar siswa menjadi meningkat mencapai 80,27% dengan kategori tinggi, artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi everyone is a teacher here dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 003 Rimba Melintang. Kata Kunci: Everyone Is A Teacher Here, Motivasi Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 27 Aug 2020 02:25
Last Modified: 27 Aug 2020 02:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29805

Actions (login required)

View Item View Item