Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Perancangan Alat Perakitan Pallet Ergonomis Menggunakan Metode Verein Deutcher Ingenieure (VDI) 2222 (Studi Kasus : CV. ARB)

Joko Nugroho, - (2020) Perancangan Alat Perakitan Pallet Ergonomis Menggunakan Metode Verein Deutcher Ingenieure (VDI) 2222 (Studi Kasus : CV. ARB). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
FILE LENGKAP SAMPAI LAMPIRAN KECUALI HASIL PENELITIAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perancangan Alat Perakitan Pallet Ergonomis Menggunakan Metode Verein Deutcher Ingenieure (VDI) 2222 (Studi Kasus : CV. ARB) Anwardi, ST., MT1, Harpito, ST., MT1, Joko Nugroho2 1Dosen Jurusan Teknik Industri, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau 2Mahasiswa Jurusan Teknik Industri, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau . E-mail: anwardi@uin-suska.ac.id, harpito@uin-suska.ac.id,nugrohoj00@gmail.com ABSTRAK Produksi palet kayu di CV. ARB dilakukan secara manual. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan, pekerjaan ini menyebabkan keluhan fisik terhadap pekerja yang ditunjukkan kuisioner NBM (Nordic Body Map). Keluhan ini diakibatkan sikap kerja operator yang masuk dalam kategori level resiko tinggi berdasarkan hasil analisa postur kerja dengan metode REBA (Rapid Entire Body Assessment). Tingginya level resiko cidera fisik ini berdampak pada performace operator selama melakukan pekerjaan, sehingga membutuhkan waktu 576 detik untuk merakit satu unit pallet. Penelitian ini melakukan perancangan alat bantu perakitan palet ergonomis dengan metode VDI (Verain Deutscher Inggenieure) 2222. Tujuannya untuk memperbaiki postur kerja dan mencapai waktu optimal dalam proses perakitan. Metode VDI 2222 ini melalui 4 tahapan yaitu analisa, konsep design, perancangan, dan perwujudan. Penelitian ini menghasilkan sebuah alat hasil rancangan yang ergonomis dengan spesifikasi ukuran antropometri untuk membantu proses perakitan palet. Berdasarkan Implementasi yang dilakukan, dihasilkan aktifitas pekerjaan setelah perbaikan yaitu postur kerja masuk dalam level resiko rendah dengan waktu proses perakitan menjadi 270 detik /unit. Efisiensi waktu untuk perkitan palet meningkat sebesar 53%. Total kebutuhan biaya pengadaan alat adalah senilai Rp. 3,578,000,00. Kata kunci: Verein Deutscher Inggenieure (VDI) 2222; Ergonomis; Perancangan Alat, Produktivitas;

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 31 Aug 2020 02:20
Last Modified: 31 Aug 2020 02:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29750

Actions (login required)

View Item View Item