Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

enerapan Model Pembelajaran Time Token untuk Meningkatka Keaktifan Belajar Siswa pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Kelas V Sekolah Dasar Negeri 018 Sungai Raja

Asma Al-Husna, - (2020) enerapan Model Pembelajaran Time Token untuk Meningkatka Keaktifan Belajar Siswa pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Kelas V Sekolah Dasar Negeri 018 Sungai Raja. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (759kB)
[img] Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Asma Al-Husna, (2020): Penerapan Model Pembelajaran Time Token untuk Meningkatka Keaktifan Belajar Siswa pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Kelas V Sekolah Dasar Negeri 018 Sungai Raja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa melalui model pembelajaran Time Token pada tema lingkungan sahabat kita di kelas V SDN 018 Sungai Raja, penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas V SDN 018 Sungai Raja. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilaksakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Adapun subjek dalam penelitian ini yaitu 1 orang guru dan 22 orang siswa, Objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Time Token dan keaktifan belajar siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis statistik deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Time Token dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Hal ini dapat diketahui dari keaktifan belajar siswa sebelum tindakan dengan presentase sebesar 40,31% atau berada pada kategori rendah. Kemudian pada siklus I keaktifan belajar siswa mencapai presentase sebesar 57,5% atau berada pada kategori cukup tinggi. Pada siklus II keaktifan belajar siswa semakin meningkat dengan persentase sebesar 82,81% atau berada pada kategori sangat tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Time Token dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada tema lingkungan sahabat kita kelas V SDN 018 Sungai Raja Kata Kunci: Model Pembelajaran Time Token, Keaktifan Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 26 Aug 2020 04:41
Last Modified: 26 Aug 2020 04:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29718

Actions (login required)

View Item View Item