Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KUALITAS FISIK DAUN UBI JALAR (Ipomoea batatas L.) DENGAN LAMA FERMENTASI YANG BERBEDA SEBAGAI PAKAN BURUNG PUYUH (Coturnix-coturnic Japonica)PEDAGING

FITRA SURYANI, - (2020) KUALITAS FISIK DAUN UBI JALAR (Ipomoea batatas L.) DENGAN LAMA FERMENTASI YANG BERBEDA SEBAGAI PAKAN BURUNG PUYUH (Coturnix-coturnic Japonica)PEDAGING. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img] Text
SKRIPSI LENGKAP (KECUALI BAB IV).pdf

Download (2MB)

Abstract

KUALITAS FISIK DAUN UBI JALAR (Ipomoea batatas L.) DENGAN LAMA FERMENTASI YANG BERBEDA SEBAGAI PAKAN BURUNG PUYUH (Coturnix-coturnic Japonica) PEDAGING Fitra Suryani (11581200916) Di bawah bimbingan Evi Irawati dan Irdha Mirdhayati INTISARI Daun ubi jalar adalah sisa-sisa hasil tanaman ubi jalar yang tidak termasuk dalam produk utama, jumlahnya cukup melimpah untuk dimanfaatkan sebagai sumber karbohidrat, namun daun ubi jalar memiliki serat yang tinggi memerlukan pengolahan lebih lanjut, seperti fermentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas fisik daun ubi jalar yang difermentasi dengan starter komersil pada lama waktu yang berbeda sebagai pakan burung puyuh pedaging. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan adalah lama fermentasi yang terdiri dari 4 level yaitu 0, 7, 14 dan 21 hari. Parameter yang diuji adalah warna, bau, pH, tekstur dan jamur. Data hasil penelitian dianalisis secara statistik menggunakan analisis sidik ragam dan uji lanjut DMRT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perlakuan lama fermentasi memberikan pengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap pH, warna, bau, tekstur, namun tidak berbeda nyata (P>0,05) terhadap jumlah jamur. Dapat disimpulkan bahwa daun ubi jalar yang difermentasi selama 21 hari pada suhu kamar dapat meningkatkan kualitas fisik daun ubi jalar yang meliputi nilai pH, bau, warna, tekstur dan tidak terdapat jamur. Waktu fermentasi daun ubi jalar terbaik adalah 7 hari. Kata kunci: Puyuh, Fisik Silase, Lama Fermentasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 636 Peternakan
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 26 Aug 2020 03:18
Last Modified: 26 Aug 2020 03:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29628

Actions (login required)

View Item View Item