Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LISTENING TEAM TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS SIMPANG GAUNG INDRAGIRI HILIR

Wina Fitaloka, - (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LISTENING TEAM TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS SIMPANG GAUNG INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (7MB)
[img] Text (BAB IV PEMBAHASAN)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (875kB)

Abstract

ABSTRAK Wina Fitaloka (2020): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Listening Team terhadap Pemahaman Siswa pada Pembelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Simpang Gaung Indragiri Hilir Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe listening team terhadap pemahaman siswa pada pembelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Simpang Gaung Indragiri Hilir. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dan desain yang digunakan adalah Nonequivalen Control Group Desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS Sekolah Menengah Atas Simpang Gaung. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang guru mata pelajaran ekonomi dan siswa kelas XI IPS di Sekolah Menengah Atas Simpang Gaung yang berjumlah 59 siswa. Objek penelitian ini adalah pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe listening team terhadap pemahaman siswa pada pembelajaran ekonomi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah adalah tes “t”. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe listening team dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal ini terlihat dari uji t yaitu thitung > ttabel baik pada taraf signifikansi 5% maupun 1% (2,003<3,097>2,665) yang berarti penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe listening team sangat berpengaruh terhadap pemahaman siswa. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Listening Team, Pemahaman

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Aug 2020 01:43
Last Modified: 24 Aug 2020 01:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29593

Actions (login required)

View Item View Item