Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGGUNAAN METODEOUTDOOR LEARNING DALAM MENGHILANGKANKEJENUHAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 KERUMUTAN

Fitri, - (2020) PENGGUNAAN METODEOUTDOOR LEARNING DALAM MENGHILANGKANKEJENUHAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 KERUMUTAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (878kB)
[img] Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK Fitri, (2020): Pengaruh Penggunaan Outdoor Learning Terhadap Kejenuhan Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Kerumutan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) tingkat kejenuhan belajar siswa sebelum penggunaan outdor learning pada mata pelajaran PAI, 2) tingkat kejenuhan belajar siswa setelah penggunaan outdor learning pada mata pelajaran PAI dan 3) perbedaan kejenuhan belajar siswa antara sebelum dan sesudah penggunaan outdor learning pada mata pelajaran PAI di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Kerumutan. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa Kelas VII yang terbagi menjadi dua kelas dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang siswa, karena jumlah anggota populasi tidak banyak maka peneliti mengambil seluruh anggota populasi sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t dengan bantuan SPSS 25.0 for Windows. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa persentase pencapaian kejenuhan belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 81,19% lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya mencapai 64,53%. Berdasarkan analisis uji-t dari nilai kejenuhan belajar siswa pada kelas eksperimen dan kontrol diperoleh nilai thitung > ttabel taraf signifikan 5% (1,691) dan 1% (2,441) atau 1,691 < 5,724 > 2,441, maka Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan kejenuhan belajar siswa antara sebelum dan sesudah penggunaan outdor learning pada mata pelajaran PAI di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Kerumutan. Kata Kunci: Outdoor Learning, Kejenuhan Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Aug 2020 03:19
Last Modified: 24 Aug 2020 03:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29496

Actions (login required)

View Item View Item