Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Strategi Readig Guide Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa pada Tema Indahnya Keragaman di Nege riku Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 11 Keranji Guguh Kecamatan Koto Gasib Kabupaten Siak.

Rita Sugiarto, - (2020) Penerapan Strategi Readig Guide Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa pada Tema Indahnya Keragaman di Nege riku Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 11 Keranji Guguh Kecamatan Koto Gasib Kabupaten Siak. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (567kB)
[img] Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf - Published Version

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Rita Sugiarto, (2020): Penerapan Strategi Readig Guide Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa pada Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 11 Keranji Guguh Kecamatan Koto Gasib Kabupaten Siak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 11 Keranji Guguh Kecamatan Koto Gasib Kabupaten Siak melalui penerapan strategi reading guide. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam memahami teks yang dibaca. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru dan 25 orang siswa Sekolah Dasar 11 Keranji Guguh Kecamatan Koto Gasib Kabupaten Siak. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah strategi reading guide dan kemampuan membaca pemahaman siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah observasi, tes kemampuan membaca pemahaman siswa, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, bahwa strategi reading guide dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Hal ini dapat dilihat dari sebelum tindakan hasil kemempuan membaca pemahaman siswa hanya mencapai 56% atau masih tergolong kurang baik, tetapi setelah dilakukan tindakan kelas pada siklus I kemampuan membaca pemahaman siswa meningkat menjadi 72% atau tergolong cukup baik, dan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 84% atau tergolong baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa strategi reading guide dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku muatan pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV Sekolah Dasar Negeri 11 Keranji Guguh Kecamatan Koto Gasib Kabupaten Siak. Kata Kunci: Strategi Reading Guide, Kemampuan Membaca Pemahaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Aug 2020 02:40
Last Modified: 18 Aug 2020 02:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29460

Actions (login required)

View Item View Item