Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 MANDAU KABUPATEN BENGKALIS

Rasni, - (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 MANDAU KABUPATEN BENGKALIS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (7MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (958kB)

Abstract

ABSTRAK Rasni (2020) : Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Mandau Kabupaten Bengkalis Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran Probing Prompting terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Mandau Kabupaten Bengkalis. Dengan dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa, sedangkan objeknya adalah penggunaan model pembelajaran Probing Prompting terhadap keaktifan belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 195 orang siswa, sedangkan sampelnya berjumlah 62 orang siswa yang dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji tes T. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan keaktifan belajar siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Probing Prompting di kelas eksperimen dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Discovery Learning di kelas kontrol. Hal ini terlihat dari uji tes-t yaitu thitung > ttabel taraf signifikan 5% (1,671) dan 1% (2,390) atau (1,671 < 5,808 > 2,390) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran Probing Prompting terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Kata Kunci : Model Pembelajaran Probing Prompting, Keaktifan Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 14 Aug 2020 02:35
Last Modified: 14 Aug 2020 02:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29411

Actions (login required)

View Item View Item