Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS FRAMING KUALITAS ISI BERITA POLITIK DI MEDIA ONLINE (Pemberitaan Kinerja Jokowidodo di Viva.co.id dan Kompas.com)

Nur Putri, - (2020) ANALISIS FRAMING KUALITAS ISI BERITA POLITIK DI MEDIA ONLINE (Pemberitaan Kinerja Jokowidodo di Viva.co.id dan Kompas.com). Skripsi thesis, Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
NUR PUTRI bab i - bab vi.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Nama : Nur Putri Program Studi : Ilmu Komunikasi NIM : 11643202643 Judul : Analisis Framing Kualitas Isi Berita Politik Di Media Online (Pemberitaan Kinerja Jokowidodo Di Viva.co.id dan Kompas.com) Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemberitaan yang banyak menarik perhatian publik (warga) di situs-situs media, salah satunya mengenai Jokowi sebagai presiden Indonesia. Google mencatat ada berita yang berkaitan dengan Jokowi. Jika diuraikan, dalam tujuh tahun terakhir, setiap tahunnya ada berita tentang Jokowi muncul di media. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana framing kualitas isi Berita politik di media online Online Viva.co.id dan Kompas.com studi kasus (pemberitaan kinerja Jokowidodo di Viva.co.id dan Kompas.com). Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik analisis framing model Zongdang Pan Kosicki. Hasil penelitian dari enam berita, peneliti melihat bahwa Viva.co.id dalam menyusun fakta tidak berimbang. Dalam menulis fakta Viva.co.id membuat berita yang bahan bakunya berupa pernyataan atau opini. Percampuran fakta dengan opini dari wartawan masuk ke dalam berita yang disajikan. Dalam menekankan fakta Viva.co.id memperlihatkan keberpihakan yang di tandai dengan penekanan dibeberapa berita yang ditonjolkan adalah public figure Jokowi-Jk bukan menyinggung kinerja pemerintahan. Cara Viva.co.id menampilkan hal itu dengan menyajikan berita yang bersifat kepentingan. Sedangkan Kompas.com menyajikan kualitas isi berita dengan Kelengkapan unsur 5W+1H. Dalam pemilihan angel berita, kata bahasa, dan kalimat, kompas.com sangat memperhatikan hal itu, namun tidak mengurangi realitas yang ada dilapangan Kata Kunci : Analasis framing, Berita, kinerja pemerintahan, Jokowi-JK, Media Online Viva.co.id dan Kompas.com

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 14 Aug 2020 02:51
Last Modified: 14 Aug 2020 02:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29393

Actions (login required)

View Item View Item