Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA DI KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU DAREL HIKMAH PEKANBARU

Siti Maisarah, - (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA DI KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU DAREL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
GABUNGAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Siti Maisarah, ( 2020) : Penerapan Model Pembelajaran Concept Sentence Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Di Kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Darul Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis karangan narasi siswa melalui model pembelajaran concept sentencepada tema lingkungan sahabat kita di kelas V SDIT Darul Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis karangan narasi siswa, hal ini terlihat dari 26 orang siswa hanya 7 orang atau 26,92% saja yang menunjukkan keterampilan menulis karangan narasi pada kategori cukup karena masih banyak siswa yang belum mampu menulis karangan narasi berdasarkan komponen penyusunnya yang terdiri dari alur, penokohan, latar, dan sudut pandang secara lengkap. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 26 orang siswa. Sedangkan objeknya adalah penerapan model concept sentence dan keterampilan menulis karangan narasi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes keterampilan menulis karangan narasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa model concept sentence dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi. Hal ini dapat dilihat dari hasil keterampilan menulis karangan narasi siswa sebelum tindakan hanya mencapai rata-rata 59,53 dengan persentase 26,92% atau tergolong kurang. Setelah menerapkan model concept sentence pada siklus I hasil keterampilan menulis karangan narasi siswa meningkat dengan rata-rata 75,30 dengan perse ntase 61,53% atau tergolong cukup. Pada Siklus II hasil keterampilan menulis karangan narasi siswa semakin meningkat dengan rata-rata 81,65 dengan persentase ketuntasan 84,61% atau tergolong baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model concept sentence dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa pada kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Darul Hikmah Pekanbaru. Kata Kunci : Penerapan Model Concept Sentence, Keterampilan menulis karangan narasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 11 Aug 2020 04:25
Last Modified: 11 Aug 2020 04:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29253

Actions (login required)

View Item View Item