Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KUALITAS KIMIA KARAMEL SUSU SAPI YANG DIBERI EKSTRAK ANDALIMAN (Zaanthoxylum acanthopodium DC) PADA KONSENTRASI YANG BERBEDA

Intan Nurhasanah, - (2020) KUALITAS KIMIA KARAMEL SUSU SAPI YANG DIBERI EKSTRAK ANDALIMAN (Zaanthoxylum acanthopodium DC) PADA KONSENTRASI YANG BERBEDA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] Text
GABUNGAN .pdf

Download (6MB)

Abstract

KUALITAS KIMIA KARAMEL SUSU SAPI YANG DIBERI EKSTRAK ANDALIMAN (Zaanthoxylum acanthopodium DC) PADA KONSENTRASI YANG BERBEDA Intan Nurhasanah (11581201027) Di bawah bimbingan Irdha Mirdhayati dan Triani Adelina INTISARI Andaliman merupakan salah satu bumbu yang digunakan oleh masyarakat Sumatra Utara dalam masakan khas daerahnya. Andaliman mengandung senyawa aromatik dan minyak esensial yang memberikan memberikan cita rasa khas pada makanan yang dapat membangkitkan selera makan dan memperpanjang umur simpan produk pangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas kimia permen karamel susu sapi dengan penambahan ekstrak andaliman (Zaanthoxylim acanthopodium DC) pada konsentrasi yang berbeda dilihat dari kadar protein, kadar air dan kadar gula reduksi. Rancangan yang digunakan yaitu Rancangan Acak Lengkap dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan adalah ekstrak adnaliman yang terdiri atas 0, 4, 8 dan 12 % Peubah yang diukur adalah kadar protein, gula reduksi dan kadar air. Data dianalisis secara statistik dengan analisis sidik ragam dan uji lanjut Duncan Multiple Range Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan dengan penambahan ekstrak andaliman (Zaanthoxylum acanthopdium DC) sampai 12 % dalam pembuatan karamel nyata menurunkan kadar protein, kadar air dan gula reduksinya. Dapat disimpulkan bahwa penambahan ekstrak andaliman sampai 12% dapat menurunkan kadar protein, kadar air, dan gula resuksinya. Perlakuan terbaik adalah pada P3 dengan penambahan 12% ekstrak andaliman dengan nilai protein 8,73 %; kadar air 8,03%; dan gula reduksi 8,86%. Kata kunci: Permen caramel, andaliman, Protein, kadar air, gula reduksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 636 Peternakan
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 11 Aug 2020 04:10
Last Modified: 11 Aug 2020 04:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29246

Actions (login required)

View Item View Item