Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 002 ENYASAWAN

Widia Gusdiana, - (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 002 ENYASAWAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (834kB)
[img] Text
GABUNGAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Widia Gusdiana, (2020): Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa pada Pembelajaran Tematik di Kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kepercayaan diri siswa pada pembelajaran tematik muatan pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui model pembelajaran jigsaw di Kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan. Kepercayaan diri merupakan salah satu indikator Kompetensi Inti aspek sosial (KI-2) yang harus dikembangkan pada kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya adalah seorang guru dan 23 orang siswa, dan objeknya adalah model pemelajaran jigsaw dan kepercayaan diri. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan dengan menggunakan teknik observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa. Hal ini dapat dilihat dari grafik peningkatannya, dimana sebelum tindakan perbaikan dilakukan presentase kepercayan diri sisiwa hanya 50,22% atau berada pada kategori kurang. Kemudian setelah model pembelajaran Jigsaw dilakukan, pada siklus I pertemuan pertama persentasinya naik menjadi 60,65%, dan pada pertemuan kedua naik lagi menjadi 65,43%. Kemudian pada siklus II pertemuan ketiga kepercayaan diri siswa juga meningkat menjadi 74,13% dan pada pertemuan keempat persentasenya dua mencapai 77,82% atau berada pada kategori cukup. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa pada pembelajaran tematik muatan pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan. Kata kunci: Kepercayaan Diri, Model Pembelajaran Jigsaw

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 11 Aug 2020 02:42
Last Modified: 11 Aug 2020 02:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29241

Actions (login required)

View Item View Item