Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KORELASI ANTARA PEMAHAMAN MATERI ADAB MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN PENERAPANNYA DALAM KEGIATAN PEMBINAAN BACA AL-QUR’AN DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-MUTTAQIN PEKANBARU

Lestari Kurnia Mukri, - (2020) KORELASI ANTARA PEMAHAMAN MATERI ADAB MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN PENERAPANNYA DALAM KEGIATAN PEMBINAAN BACA AL-QUR’AN DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-MUTTAQIN PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
13. BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (761kB)
[img] Text
GABUNGAN.pdf

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK Lestari Kurnia Mukri, (2020): Korelasi antara Pemahaman Materi Adab Membaca Al-Qur’an dengan Penerapannya dalam Kegiatan Pembinaan Baca Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar korelasi antara pemahaman materi adab membaca al-Qur’an dengan penerapannya dalam kegiatan pembinaan baca al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya gejala yang menunjukkan bahwa pemahaman materi adab membaca al-Qur’an siswa baik, sedangkan penerapan adab membaca al-Qur’an dalam kegiatan pembinaan baca al-Qur’an siswa kurang baik. Subjek penelitian ini adalah siswa di Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Pekanbaru, sedangkan objek penelitian ini adalah korelasi antara pemahaman materi adab membaca al-Qur’an dengan penerapannya dalam kegiatan pembinaan baca al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VII berjumlah 204 siswa. Sampel penelitian diambil 25% atau 51 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini yaitu uji korelasi product moment. Berdasarkan hasil uji korelasi product moment maka dapat disimpulkan bahwa rhitung > rtabel pada taraf signifikan 5% (0.572>0.276) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat korelasi yang signifikan antara pemahaman materi adab membaca al-Qur’an dengan penerapannya dalam kegiatan pembinaan baca al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Pekanbaru. Berdasarkan penentuan tingkat korelasi yang dilakukan dengan interpretasi nilai r product moment terdapat korelasi yang cukup kuat antara pemahaman materi adab membaca al-Qur’an dengan penerapannya dalam kegiatan pembinaan baca al-Qur’an dengan nilai korelasi yang dihasilkan sebesar 0.572 yang berada pada pada rentang 0.400-0.700 dikategorikan korelasi yang cukup kuat. Kata Kunci: Korelasi, Pemahaman Materi, Adab Membaca Al-Qur’an, Penerapan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 11 Aug 2020 03:47
Last Modified: 11 Aug 2020 03:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/29134

Actions (login required)

View Item View Item