Rizki Rahayu Sasmita, - (2020) HUBUNGAN ANTARA ATTACHMENT DENGAN SIBLING RIVALRY PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (24MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (407kB) |
Abstract
HUBUNGAN ANTARA ATTACHMENT DENGAN SIBLING RIVALRY PADA SISWA SEKOLAH DASAR Rizki Rahayu Sasmita Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau rizkirahayusasmita@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara attachment dengan sibling rivalry pada siswa sekolah dasar. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan antara attachment dengan sibling rivalry pada siswa sekolah dasar. Metode penelitian menggunakan teknik analisis regresi berganda dengan jumlah sampel 94 siswa SD Negeri 006 Bukit Kapur. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala sibling rivalry dengan nilai reliabilitas 0,751, skala attachment yang terbagi menjadi empat pola: pola secure attachment dengan nilai reliabilitas 0,815, pola avoidant attachment dengan nilai reliabilitas 0,802, pola ambivalent attachment dengan nilai reliabilitas 0,797, dan pola disorganized-disoriented attachment dengan nilai reliabilitas 0,841. Berdasarkan hasil perhitungan hipotesis mayor dengan teknik analisis regresi diperoleh nilai F sebesar 5,108 dan nilai p sebesar 0,001 yang berarti terdapat hubungan antara attachment dengan sibling rivalry pada siswa sekolah dasar. Hipotesis minor juga dianalisa dengan teknik analisis regresi berganda. Hipotesis minor 1 yang menghubungkan antara pola secure attachment dengan sibling rivalry didapatkan nilai r square 0,141 dan p 0,000 maka hipotesis minor 1 diterima. Hipotesis minor 2 yang menghubungkan antara pola avoidant attachment dengan sibling rivalry didapatkan nilai r square 0,046 dan p 0,039 maka hipotesis minor 2 diterima. Hipotesis minor 3 yang menghubungkan antara pola ambivalent attachment dengan sibling rivalry didapatkan nilai r square 0,062 dan p 0,016 maka hipotesis minor 3 diterima. Hipotesis minor 4 yang menghubungkan antara pola disorganized-disoriented attachment dengan sibling rivalry didapatkan nilai r square 0,061 dan p 0,016 maka hipotesis minor 4 diterima. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada hubungan antara attachment dengan sibling rivalry pada siswa sekolah dasar dan hubungan masing-masing pola attachment juga memiliki hubungan dengan sibling rivalry pada siswa sekolah dasar. Kata Kunci : Attachment, Sibling Rivalry, Siswa Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | fpsi - |
Date Deposited: | 03 Aug 2020 02:33 |
Last Modified: | 03 Aug 2020 02:33 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28917 |
Actions (login required)
View Item |