Nurda Murni Isya Aminah, - (2020) Pengaruh Pemahaman Materi Sejarah Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan Masa Abbasiyah terhadap Perilaku Gemar Membaca Siswa Sekolah Menengah Pertama Kemala Bhayangkari 1 Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (898kB) |
|
Text
UPLOAD.pdf Download (12MB) |
Abstract
ABSTRAK Nurda Murni Isya Aminah, (2019): Pengaruh Pemahaman Materi Sejarah Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan Masa Abbasiyah terhadap Perilaku Gemar Membaca Siswa Sekolah Menengah Pertama Kemala Bhayangkari 1 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara pemahaman materi sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan masa Abbasiyah terhadap perilaku gemar membaca siswa Sekolah Menengah Pertama Kemala Bhayangkari 1 Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Kemala Bhayangkari 1 Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah pemahaman materi sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan masa Abbasiyyah (X) dan perilaku gemar membaca siswa (Y) kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Kemala Bhayangkari 1 Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Kemala Bhayangkari 1 Pekanbaru yang berjumlah 30 orang. Penarikan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah product moment. Hasil analisis data diperoleh nilai rhitung sebesar 0,726 lebih besar dari rtabel baik pada taraf signifikan 5% = 0,361 maupun 1% = 0,463 atau 0,361 < 0,726 > 0,463. Sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (H0) ditolak. Yang berarti ada pengaruh antara pemahaman materi sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan masa Abbasiyah terhadap perilaku gemar membaca siswa Sekolah Menengah Pertama Kemala Bhayangkari 1 Pekanbaru. Berdasarkan tabel interpretasi koefisien korelasi product moment bahwa rhitung = 0,726 terletak antara 0,700 – 0,900 yang berarti korelasinya kuat atau tinggi. Selanjutnya hasil perhitungan koefisien determinasi yang menunjukkan besar sumbangan variabel X (pemahaman materi sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan masa Abbasiyah) terhadap variabel Y (perilaku gemar membaca) adalah sebesar 52,7% dan sisanya 47,3% (100%-52,7%) dipengaruhi variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kata Kunci: Pemahaman, Perilaku Gemar Membaca .
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 03 Aug 2020 04:05 |
Last Modified: | 03 Aug 2020 04:05 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28900 |
Actions (login required)
View Item |