Windi Armi Elita, - (2020) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DENGAN PEMAAFAN PADA MAHASISWA DI FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf Download (14MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (535kB) |
Abstract
HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DENGAN PEMAAFAN PADA MAHASISWA DI FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU Oleh Windi Armi Elita Windyarmielita@gmail.com Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau ABSTRAK Pemaafan adalah perubahan individu untuk meninggalkan kemarahan untuk tidak balas dendam dan tercipta hubungan baik dengan pihak yang menyakiti. salah satu faktor yang mempengaruhi pemaafan adalah kecerdasan emosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi dengan pemaafan pada mahasiswa di Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Subjek dalam penelitan ini adalah mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau sebanyak 274 orang. Penentuan subjek menggunakan proportionate stratified random sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala pemaafan (α=0,877), dan skala kecerdasan emosi (α=0,926). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kecerdasan emosi dengan pemaafan (r=0,337 dan p=0,000). Artinya semakin tinggi kecerdasan emosi maka semakin tinggi pemaafan pada mahasiswa. Adapun sumbangsih variabel kecerdasan emosi terhadap pemaafan adalah 11,4%, sisanya 88,6% oleh variabel lain. Kata kunci : Kecerdasan Emosi, Pemaafan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | fpsi - |
Date Deposited: | 03 Aug 2020 03:37 |
Last Modified: | 03 Aug 2020 03:37 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28891 |
Actions (login required)
View Item |