Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (MID) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA TEMA CITA-CITAKU DI KELAS IV SD NEGERI TERPADU 002 KUOK KABUPATEN KAMPAR

Raisa Berlian, - (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (MID) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA TEMA CITA-CITAKU DI KELAS IV SD NEGERI TERPADU 002 KUOK KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (855kB)
[img] Text
GABUNGAN.pdf

Download (16MB)

Abstract

ABSTRAK Raisa Berlian, (2020): Penerapan Model Pembelajaran Meaningful Instructional Design untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Tema Cita-Citaku Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 002 Terpadu Kuok Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa tema cita-citaku melalui model pembelajaran meaningful instructional design di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 002 Terpadu Kuok Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat pemahaman konsep siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 24 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model meaningful instructional design dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata tes pemahaman konsep siswa sebelum tindakan hanya mencapai rata-rata 52,08 dengan kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I mencapai rata-rata 70,83 dengan kategori cukup, dan meningkat pada siklus II menjadi 83,33 dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran meaningful instructional design dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada tema cita-citaku kelas IV Sekolah Dasar Negeri 002 Terpadu Kuok Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Model Meaningful Instructional Design, Pemahaman Konsep

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Jul 2020 03:09
Last Modified: 29 Jul 2020 03:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28779

Actions (login required)

View Item View Item