PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUANTUM TERHADAP INTERAKSI EDUKATIF DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 BENGKALIS

MARDA RAHMATUL ULA, - (2020) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUANTUM TERHADAP INTERAKSI EDUKATIF DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 BENGKALIS. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
MARDA RAHMATUL ULA OK.pdf

Download (9MB)
[img] Text (BAB IV)
18. BAB IV BUK ELYA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Strategi pembelajaran seharusnya dapat membangun suasana kelas menjadi interaktif dan menghasilkan pembelajaran yang lebih baik. Sehingga kegiatan pembelajaran di kelas menjadi kegiatan yang menyenangkan dan menarik perhatian peserta didik. Berdasarkan observasi pendahuluan yang penulis lakukan bahwa dalam pembelajaran fiqih. Strategi pembelajaran yang dilakukan sebelumnya bersifat monoton dan kaku, sehingga peran guru lebih dominan dibandingkan dengan peserta didik. Sehingga peserta didik melakukan aktifitas yang tidak berkaitan dengan kegiatan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bengkalis. Kota Bengkalis, Kecamatan Bengkalis. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, 1)apakah ada pengaruh penerapan strategi pembelajaran quantum terhadap interaksi edukatif peserta didik pada pembelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bengkalis?, 2)apakah ada pengaruh penerapan strategi pembelajaran quantum terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bengkalis?. Jenis penelitian yang penulis gunakan pada penelitian ini yaitu desain quasi eksperimental pre-test dan post test control group. Subjek pada penelitian ini adalah semua peserta didik yang ada pada kelas VII E dan VII F. Strategi pembelajaran quantum digunakan pada kelompok eksperimen (n = 32), sementara kelompok kontrol (n = 32 ) menggunakan strategi pembelajaran non quantum. Berdasarkan hasil uji paired sample statistics, menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh yang signifikan antara penerapan strategi pembelajaran quantum interaksi edukatif dan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan strategi pembelajaran quantum pada kelompok kelas eksperimen. 2 )jika dilihat dari signifikansinya 0,000 < 0,05. Dengan demikian, penulis dapat menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan strategi pembelajaran quantum dengan interaksi edukatif dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bengkalis. Kata Kunci : Quantum, Interaksi Edukatif, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 28 Jul 2020 03:21
Last Modified: 28 Jul 2020 03:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28757

Actions (login required)

View Item View Item