Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERANCANGAN ULANG ALAT PEMOTONG KERUPUK LOMANG MENGGUNAKAN METODE REVERSE ENGINEERING (RE) (STUDI KASUS: IKM KERUPUK LOMANG UBI WATI)

Rizaldi Wiranda, - (2020) PERANCANGAN ULANG ALAT PEMOTONG KERUPUK LOMANG MENGGUNAKAN METODE REVERSE ENGINEERING (RE) (STUDI KASUS: IKM KERUPUK LOMANG UBI WATI). Skripsi thesis, Universitas Islam Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
full lengkap sampai lampiran kecuali (bab IV, bab V).pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV dan V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PERANCANGAN ULANG ALAT PEMOTONG KERUPUK LOMANG MENGGUNAKAN METODE REVERSE ENGINEERING (RE) (STUDI KASUS: IKM KERUPUK LOMANG UBI WATI) Anwardi, ST.MT1), Nofirza, ST. M.Sc2)Rizaldi Wiranda3). 1,2Jurusan Teknik Industri, Fakultas Sains Dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. *Email: anwardi@uin-suska.ac.id *Email: novirza.sahnov@uin-suska.ac.id *Emali: rwirandaa@gmail.com ABSTRAK Perancangan alat sebelumnya masih ada yang bisa dikembangkan yaitu mata pisau pemotong kerupunk lomang ubi, motor listrik yang digunakan mengguanakan 1 HP, dan rangka mesin yang besar. Maka dikembangkan alat pemotong kerupuk lomang ubi sebelumnya dan meningkatkan produktifitas kerja.. Berdasarkan masalah yang ada maka peneliti melakukan rancangan ulang alat pemotong kerupuk lomang ubi. Metode yang digunakan pada proses perancangan alat pemanggang makanan adalah metode Reverse engineering menggamati kelebihan dan kekurangan alat yang sudah ada dan dilakukan membandingkan dengan alat yang akan dibuat untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan. Hasil perancangan ulang alat pemotong kerupuk lomang ubi pada penelititian ini mata pisau yang tajam, motor listrik menggunakan motor listrik 0,75 HP, dan rangka mesin yang kecil dapat mudah untuk dipindahkan. Pengujian hasil alat pemotong kerupuk lomang ubi menggunakan mesin yaitu 1 hari dapat menghasilkan 60kg/hari sedangkan manual menghasilkan 20kg/hari Kata Kunci: Perancangan Ulang, Produktifitas dan Reverse Engineering (RE)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 24 Jul 2020 02:55
Last Modified: 24 Jul 2020 02:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28583

Actions (login required)

View Item View Item