Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Persiapan Menghadapi Masa Pensiun Pegawai Di Universitas Lancang Kuning Pekanbaru

PUTRI FEBRIA, - (2020) Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Persiapan Menghadapi Masa Pensiun Pegawai Di Universitas Lancang Kuning Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
PUTRI FEBRIA.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Putri Febria Jurusan : Bimbingan Konseling Islam Judul : Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Persiapan Menghadapi Masa Pensiun Pegawai Di Universitas Lancang Kuning Pekanbaru Kecerdasan emosional adalah seni kemampuan pengendalian diri yang dimiliki seseorang untuk berhasil dalam mengatasi tuntutan dan tekanan di lingkungannnya. Perubahan peran saat memasuki masa pensiun dapat menjadi masa yang sulit bagi individu dikarenakan pensiun memiliki perasaan mempunyai peran tidak penting dan perasaan-perasaan yang mengarah pada tekanan psikologis. Hal ini terjadi pada pegawai Universitas Lancang Kuning yang mana masih terdapat kebingungan dikarenakan belum mempunyai pekerjaan atau kegiatan pengganti setelah pensiun, belum mempunyai tabungan atau pemasukan tambahan selain tunjangan pensiun. Maka tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Persiapan Pensiun Pegawai di Universitas Lancang Kuning. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kuantitatif dengan mengambil 30 sampel yaitu dengan menggunakan teknik regresi linear sederhana. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pengaruh kecerdasan emosional terhadap persiapan pensiun. Berdasarkan uji hipotesis (uji t) maka nilai thitung > ttabel (4,677 > 2,763) yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh terhadap persiapan menghadapi masa pensiun. Dengan kata lain semakin tinggi kecerdasan emosional maka semakin baik pula persiapan pensiun pegawai Universitas lancang kuning. Besarnya pengaruh kecerdasan emosional terhadap persiapan pensiun pegawai Universitas lancang kuning berdasarkan hasil pengujian koefisien determinasi diperoleh nilai R square sebesar 0,564 atau 56,4% berdasarkan tabel interpretasinya kuat/tinggi dan 0,436 atau 43,6% dipengaruhi oleh pihak lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci : Kecerdasan Emosional, Persiapan Pensiun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 24 Jul 2020 04:37
Last Modified: 24 Jul 2020 04:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28547

Actions (login required)

View Item View Item