Efektivitas Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6 Pekanbaru

Lutfhiyah Vabiyola, - (2020) Efektivitas Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6 Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
LUTFHIYAH VABIYOLA.pdf

Download (15MB)

Abstract

ABSTRAK Lutfhiyah Vabiyola, (2020) : Efektivitas Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik sosiodrama dalam layanan konseling kelompok untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain the one group pretest-postest design. Subjek penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 6 Pekanbaru. Sedangkan Objek penelitian ini adalah efektivitas teknik sosiodrama dalam layanan konseling kelompok untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa di SMK Negeri 6 Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah 8 siswa yang memiliki penyesuaian diri yang diambil melalui teknik Purposive Sampling. Instrument penelitian ini dibuat dengan skala likert dan dilakukan uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan SPSS For Windows. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukan bahwa penyesuaian diri siswa sebelum diberikan perlakuan dalam konseling kelompok dengan teknik sosiodrama pada kategori rendah dengan rata-rata 78.8 dan setelah diberikan perlakuan dengan konseling kelompok dengan teknik sosiodrama mengalami peningkatan menjadi kategori tinggi dengan rata-rata 136.5. Maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pre-test dan post-test, artinya teknik sosiodrama dalam konseling kelompok efektif untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa dilihat dari hasil analisis data bahwa Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0.012 jika dibandingkan dengan signifikasi 5% maka 0.012 < 0.05 sehingga hipotesis alternatif diterima., maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci: Efektivitas, Konseling Kelompok, Teknik Sosiodrama, Penyesuaian Diri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 28 Jul 2020 02:17
Last Modified: 28 Jul 2020 02:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28537

Actions (login required)

View Item View Item