Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA KOS DI JALAN BULUH CINA KELURAHAN SIMPANG BARU DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM

Nafisah Raudhatil Jannah, - (2020) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA KOS DI JALAN BULUH CINA KELURAHAN SIMPANG BARU DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (719kB)
[img] Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nafisah Raudhatil Jannah (2020): Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif Mahasiswa Kos di Jalan Buluh Cina Kelurahan Simpang Baru Ditinjau Menurut Ekonomi Islam Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perilaku konsumen yaitu mahasiswa kos di jalan Buluh Cina kelurahan Simpang Baru dalam membeli produk/jasa. Terdapat perilaku konsumen yang tidak sesuai dengan prinsip ekonomi Islam. Perilaku konsumtif adalah Tindakan manusia sebagai konsumen dalam membeli dan memanfaatkan barang hasil produksi yang tidak didasarkan pada pertimbangan yang rasional dan memiliki kecenderungan untuk mengkonsumsi tanpa batas dimana lebih mementingkan keinginan dari pada kebutuhan. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis merumuskan permasalahan sebagai berikut bagaimana faktor iklan, faktor konformitas, dan faktor gaya hidup dapat secara signifikan mempengaruhi perilaku konsumtif mahasiswa kos di jalan Buluh Cina kelurahan Simpang Baru serta bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap perilaku konsumtif mahasiswa di jalan Buluh Cina kelurahan Simpang Baru. Penelitian ini dilakukan di Kos-kosan jalan Buluh Cina. Populasi tidak diketahui dengan sampel menggunakan purposive sampling yaitu 96 mahasiswa . sumber data yaitu data primer dan data sekunder dan metode pengumpulan data dengan studi Pustaka, angket, dna wawancara. Untuk mode Analisa data yaitu menggunakan kuantitatif. Berdasarkan skala faktor iklan menunjukkan koefisien reliabilitas 0,665, faktor konformitas menunjukkan relibialitas 0,709, faktor gaya hidup menunjukkan reliabilitas 0,700, dan perilaku konsumtif menujukkan reliabilitas 0,655. Hasil uji t hipotesis yaitu antara faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap perilaku konsumtif mahasiswa kos di jalan Buluh Cina menunjukkan hasil masing-masing t hitung dan nilai signifikansinya adalah faktor iklan (X1) berada pada taraf 0,001 (0,001<0,005) dengan thitung 3,277 > ttabel 0,2028, faktor konformitas (X2) berada pada taraf 0,5 (0,5 > 0,005) dengan thitung 0,677> ttabel 0,2028, dan faktor gaya hidup berasda pada taraf 0,000 (0,000 < 0,005) dengan thitung 5,440 > ttabel 0,2028. Dan nilai R square sebesar 0,383 atau 38,3% yang berarti bahwa pengaruh variable independent (faktor-faktor yang mempengaruhi) terhadap variable dependen (Perilaku Konsumtif mahasiswa kos di jalan Buluh Cina) sebesar 38,3%. Ditinjau berdasarkan ekonomi Islam perilaku konsumtif yang terjadi pada mahasiswa kos di jalan Buluh Cina tidak sesuai dengan Ekonomi Islam karena masih terdapat perilaku mahasiswa yang berlebihan dalam berbelanja dan tidak sesuai dengan kebutuhan, karena beberapa faktor turut mempengaruhinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 16 Jul 2020 02:42
Last Modified: 16 Jul 2020 02:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28272

Actions (login required)

View Item View Item