Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Kepala Sekolah sebagai Leader di SMA Negeri 1 Tambang Kabupaten Kampar

Herlina Permata Sari, - (2020) Kepala Sekolah sebagai Leader di SMA Negeri 1 Tambang Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
HERLINA PERMATA SARI.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Herlina Permata Sari, (2020): Kepala Sekolah sebagai Leader di SMA Negeri 1 Tambang Kabupaten Kampar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: Implementasi tugas kepala sekolah sebagai leader di SMA Negeri 1 Tambang Kabupaten Kampar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, subjek dari penelitian ini adalah kepala sekolah sedangkan objek-nya adalah implementasi tugas sebagai leader. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: kepala sekolah menerapkan model kepemimpinan partisipatif, karena pada saat pengambilan keputusan di sekolah selalu melibatkan aspirasi dan peran guru. Sebagai pimpinan tetap mendengarkan keluhan dan informasi dari bawahan, karena apabila guru sudah dilibatkan dan mereka menyetujui keputusan rapat, maka tidak ada pihak yang merasa terbebani untuk bertanggung jawab. Kepala sekolah juga menerapkan gaya kepemimpinan demokratis semua dilibatkan dan ada fungsinya masing-masing termasuk tukang sapu sekalipun. Tidak ada satupun dibawah pimpinan kepala sekolah itu yang tidak berfungsi, karena satu dengan yang lainnya saling butuh-membutuhkan, sehingga dia akan membentuk team work yang kokoh dan yang terakhir penulis menemukan bahwasanya kepala sekolah menerapkan manajemen modern, pemimpin memanfaatkan perkembangan teknologi yang sangat pesat pada globalisasi saat ini dalam menjalankan kepemimpinannya sehingga tercapainya kefektifan dalam mencapai tujuan, contohnya memanfaatkan fasilitas cctv, dilihat dari cara pengontrolan yang dilakukan oleh kepala sekolah, yang mana pada setiap ruangan sudah dilengkapi dengan cctv, dengan demikian kepala sekolah sudah sangat mudah mengontrol apa saja yang terjadi di dalam kelas tidak lagi dengan cara mengunjungi kelas akan tetapi hanya melihat dari layar cctv yang ada. Kata Kunci: Leader, partisipatif, demokratis dan manajemen modern.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 14 Jul 2020 02:01
Last Modified: 14 Jul 2020 02:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28194

Actions (login required)

View Item View Item