Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

فعالية استخدام طريقة حل المشكلات في تعليم قواعد اللغة العربية لترقية استيعاب الجملة الاسمية لدى التلاميذ في المدرسة الثانوية الإسلامية بمعهد دار الفتح أير تيريس كمبار

Mahyeni Sukma, - (2020) فعالية استخدام طريقة حل المشكلات في تعليم قواعد اللغة العربية لترقية استيعاب الجملة الاسمية لدى التلاميذ في المدرسة الثانوية الإسلامية بمعهد دار الفتح أير تيريس كمبار. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI MAHYENI SUKMA.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Mahyeni Sukma, (2020) : Efektifitas Penggunaan Metode Analisis Problem pada Pembelajaran Qowaid Bahasa Arab untuk Meningkatkan Penguasaan Jumlah Ismiyyah bagi Siswa Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Fatah Air Tiris Kampar. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan metode analisis problem dalam pembelajaran qowaid bahasa Arab untuk meningkatkan penguasaan jumlah ismiyyah di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Fatah Air Tiris Kampar. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “ Apakah penggunaan metode analisis problem dalam pembelajaran qowaid bahasa Arab efektif untuk meningkatkan penguasaan jumlah ismiyyah di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Fatah Air Tiris Kampar?”. Penelitian ini dimulai dari merancang langkah pembelajaran, pelaksanaan, observasi, kemudian tes. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Fatah Air Tiris Kampar tahun ajaran 2019/2020, dengan sampel siswa kelas X Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Fatah yang berjumlah 22 siswa yang dibagi menjadi 2 yaitu untuk kelas kontrol dan eksperimen.Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas X Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Fatah Air Tiris Kampar. Objek penelitian ini adalah efektifitas penggunaan metode analisis problem pada pembelajaran qowaid bahasa Arab untuk meningkatkan penguasaan jumlah ismiyyah di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Fatah Air Tiris Kampar. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan tes. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa : penggunaan metode analisis problem dalam pembelajaran qowaid bahasa Arab efektif untuk meningkatkan penguasaan jumlah ismiyyah di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Fatah Air Tiris Kampar. Karena nilai To = 3,07 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 1%= 2,84 dan taraf signifikansi 5%= 2,09. Ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain, penggunaan metode analisis problem dalam pembelajaran qowaid bahasa Arab efektif untuk meningkatkan penguasaan jumlah ismiyyah bagi siswa Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Fatah Air Tiris Kampar. Kata Kunci: Efektifitas, Metode Analisis Problem,PenguasaanJumlah Ismiyyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 14 Jul 2020 01:50
Last Modified: 14 Jul 2020 01:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28163

Actions (login required)

View Item View Item