Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

القلق وعلاجه فى القرآن الكريم (دراسة تحليلية من خلال علم النفس)

نوريمة, - (2020) القلق وعلاجه فى القرآن الكريم (دراسة تحليلية من خلال علم النفس). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (844kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “KEKHAWATIRAN DAN PENCEGAHANNYA DALAM AL-QURAN (KAJIAN ANALISIS DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGI)”. Permasalahan dalam pembahasan ini adalah: Bagaimana penafsiran ulama tafsir tentang ayat-ayat yang berkaitan dengan kecemasan dan pencegahannya dalam Al-quran. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah identifikasi ayat yang berkaitan dengan kecemasan dan pencegahannya dalam Al-quran, serta mengetahui bentuk kecemasan dari perspektif ilmu psikologi. Tema ini menurut penulis menarik untuk dibahas mempertimbangkan bahwasannya kecemasan itu adalah sifat yang sudah lazim bagi manusia dan manusia tidak dapat menghindarinya. Oleh karena itu, memerlukan pencegahan untuk memperbaiki kerusakan pada keimanan, Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat menjadi suatu solusi dan jawaban bagi siapa saja yang membutuhkan informasi tentang kecemasan dan pencegahannya dari Al-Quran dan ilmu psikologi. Penelitian ini bersifat kepustakaan (library reseach) atau penelitian literartur murni, sementara metodologi yang digunakan adalah studi tematik. Data data yang terkait dengan studi ini dikumpulkan melalui studi pustaka. Penelitian ini disajikan dengan teknik analisis, yaitu dengan menjelaskan ayat ayat yang berhubungan dengan kecemasan dan pencegahannya, dengan merujuk pada Al-Qur’an sebagai data primer dan buku-buku literatur yang berkaitan dengan isu-isu yang dibicarakan sebagai data sekunder. Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan, dapat disimpulkan bahwa ayat ayat yang berkaitan dengan kecemasan dalam Al-Qur’an terdapat 13 ayat dalam Al-Quran. Setelah dianalisis, Ada beberapa tahap kecemasan yaitu: kejang, mengeluh, angan-angan, ketakutan terbatas, ketakutan pada kesosialan, menghindari secara keseluruhan, dan depresi. Adapun pencegahannya menurut Al-Quran: Beriman kepada Allah, Bertaqwa, Berdzikir, Shalat yang Khusyu’, membaca Al-Quran, berdo’a, Tawakkal, Bersabar, Qona’ah dan Ridho. Kata kunci: Al-Qallaq, Pencegahan, Tematik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 13 Jul 2020 04:20
Last Modified: 13 Jul 2020 04:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28125

Actions (login required)

View Item View Item