Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KARAKTERISTIK FISIK DAN ORGANOLEPTIK ES KRIM SUSU KAMBING DENGAN PENAMBAHAN PATI UMBI TALAS (Xanthosoma sagittifolium) SEBAGAI PENSTABIL

Rany Rahmawati Harneta, - (2020) KARAKTERISTIK FISIK DAN ORGANOLEPTIK ES KRIM SUSU KAMBING DENGAN PENAMBAHAN PATI UMBI TALAS (Xanthosoma sagittifolium) SEBAGAI PENSTABIL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] Text
GABUNGAN .pdf

Download (5MB)

Abstract

KARAKTERISTIK FISIK DAN ORGANOLEPTIK ES KRIM SUSU KAMBING DENGAN PENAMBAHAN PATI UMBI TALAS (Xanthosoma sagittifolium) SEBAGAI PENSTABIL Rany Rahmawati Harneta (11581202508) Di bawah bimbingan Eniza Saleh dan Zumarni INTISARI Kualitas es krim yang baik memiliki karakteristik daya lelehyang rendah saat dihidangkan pada suhu kamar, serta tekstur yang yang diinginkan es krim adalah lembut serta tampilan yang creaminess dengan cara penggunaan penstabil yang tepat.Umbi talas dipilih dan digunakan sebagai penstabil karena memiliki kandungan pati yang tinggi, yaitu sekitar 70-80%, menambah nilai gizi dan memperbaiki tekstur produk, sebagai bahan padatan yang dapat mengikat air, sebagai penstabil, daya pembentukan gel dan emulsi yang baik Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penambahan penstabil pati umbi talas terhadap karakteristik fisik dan organoleptik es krim yang dihasilkan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK). Perlakuan yang diberikan dalam penelitian ini adalah kadar penggunaan penstabil pati umbi talas 0% (P1), 1.25% (P2), 2.50% (P3), 3.75% (P4). Karakteristik fisik yang diamati terdiri atas overrun dan daya leleh. Karakteristik organoleptik yang diamati terdiri atas warna, rasa manis, tekstur dan aroma susu dari es krim yang dihasilkan Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang nyata (P<0.05) pada nilai overrun formulasi P2 dibandingkan dengan P1. Nilai daya leleh menunjukkan hasil yang tidak berbeda nyata (P>0.05). Karakteristik organoleptik pada es krim yang dihasilkan menunjukkan hasil yang tidak berbeda nyata. Kesimpulan adalah warna putih kekuningan, rasa manis, beraroma susu dan tekstur lembut. Perlakuan terbaik terdapat pada taraf 3,75% penambahan pati umbi talas. Kata kunci: Es krim, susu kambing, pati umbi talas, karakteristik fisik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 636 Peternakan
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 08 Jul 2020 03:13
Last Modified: 08 Jul 2020 03:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28022

Actions (login required)

View Item View Item