Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KUALITAS FISIK UREA MOLASES BLOK (UMB) DENGAN BAHAN PENGISI DEDAK PADI DAN AMPAS KELAPA PADA LAMA PENYIMPANAN YANG BERBEDA

Apriadi, - (2020) KUALITAS FISIK UREA MOLASES BLOK (UMB) DENGAN BAHAN PENGISI DEDAK PADI DAN AMPAS KELAPA PADA LAMA PENYIMPANAN YANG BERBEDA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] Text
GABUNGAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

KUALITAS FISIK UREA MOLASES BLOK (UMB) DENGAN BAHAN PENGISI DEDAK PADI DAN AMPAS KELAPA PADA LAMA PENYIMPANAN YANG BERBEDA Apriadi (11381106721) Dibawah bimbingan Dewi Ananda Mucra dan Evi Irawati INTISARI Urea molasses block (UMB) merupakan pakan pemacu atau pakan tambahan/suplemen sumber protein/non protein nitrogen, energi dan mineral yang banyak dibutuhkan ternak ruminansia, berbentuk padat yang kaya dengan zat -zat makanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi dari kombinasi penggunaan bahan pengisi urea molases blok (UMB) berupa dedak padi dan ampas kelapa dengan masa simpan yang berbeda terhadap kualitas fisik UMB yang meliputi bau, warna, tekstur dan keberadaan jamur UMB. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan lengkap (RAL) dengan pola faktorial 2 faktor dengan 3 ulangan, faktor pertama yaitu UMB dengan 100% dedak padi A1 ditambah 0% ampas kelapa, A2 dengan ditambah 25% ampas kelapa, A3 dengan ditambah 50% ampas kelapa, A4 ditambah 75% ampas kelapa, A5 ditambah 100% ampas kelapa. Faktor kedua adalah lama penyimpanan B1 adalah penyimpanan 0 hari, B2 penyimpanan7 hari, dan B3 penyimpanan14 hari. Penelitian ini telah dilaksanakan Selama 1 bulan di Laboratorium Nutrisi dan Teknologi Pangan Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Hasil penelitian ini menunjukkan UMB dengan bahan pengisi ampas kelapa dan dedak padi memberikan perbedaan yang nyata terhadap kualitas fisik yang meliputi aroma tekstur dan warna dari UMB yang dihasilkan.Lama simpan yang berbeda memberikan perbedaan yang sangat nyata terhadap kualitas fisik yang meliputi keberadaan jamur dari UMB yang dihasilkan.Tidak terjadi interaksi antara persentase substitusi ampas kelapa dan lama simpan yang berbeda terhadap kualitas fisik UMB yang meliputi aroma, keberadaan jamur, tekstur, dan warna.Perlakuan terbaik terdapat pada penambahan 75% Dedak padi dan 25% Ampas kelapa dengan lama penyimpanan 7 hari. Kata kunci : Kualitas Fisik, Dedak padi, UMB, Ampas Kelapa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 636 Peternakan
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 24 Jun 2020 02:45
Last Modified: 24 Jun 2020 02:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27528

Actions (login required)

View Item View Item