Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS SALURAN DAN MARGIN PEMASARAN SAPI POTONG DI PASAR TERNAK PASIR PENYU AIR MOLEK INDRAGIRI HULU

Suryadi Hartono, - (2020) ANALISIS SALURAN DAN MARGIN PEMASARAN SAPI POTONG DI PASAR TERNAK PASIR PENYU AIR MOLEK INDRAGIRI HULU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
SKRIPSI_ Suryadi Hartono.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (516kB)

Abstract

ANALISIS SALURAN DAN MARGIN PEMASARAN SAPI POTONG DI PASAR TERNAK PASIR PENYU AIR MOLEK INDRAGIRI HULU Suryadi Hartono (11481104697) Di bawah bimbingan Penti Suryani, S.P., M.Si dan Dr. Elviriadi, S.Pi., M. Si INTISARI Sapi potong merupakan salah satu ternak yang produksi pertamanya yaitu daging, tulang, dan kulit. Usaha sapi potong dianggap usaha yang menguntungkan, prospek usaha ini masih terbuka lebar dalam waktu yang lama dikarenakan permintaan konsumen yang terus saja meningkat, permintaan daging sapi dari tahun ketahun terus menunjukan peningkatan yang sejalan dengan kesadaran akan gizi masyarakat. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui besarnya pendapatan peternak sapi potong, pedagang pengumpul atau blantik dari setiap ekor sapi yang terjual dan untuk mengetahui saluran pemasaran ternak sapi potong di Kecamatan Pasir Penyu Air Molek Kabupaten Indragiri Hulu. Penelitian ini menggunakan metode survey data yang di ambil meliputi data primer dan data skunder. Data primer dikumpulkan dari responden dengan menggunakan teknik wawancara, serta dilakukan observasi. Sedangkan data sekunder diperoleh dari pasar ternak Kecamatan Pasir Penyu. Hasil penelitian ini adalah Efisiensi saluran pemasaran yang tertinggi adalah saluran I yakni sebesar Rp. 11.175.000/ekor untuk sapi jantan, Rp 7.725.000/ekor untuk sapi betina dan yang terendah adalah saluran II yakni sebesar 2.290.000/ekor untuk sapi jantan, Rp 2.490.000/ekor untuk sapi betina. Berdasarkan tinggi dan rendahnya margin pemasaran maka saluran pemasaran pertama lebih efisien. Hal ini dikarenakan pedagang yang terlibat lebih sedikit yaitu dari peternak langsung ke konsumen. Nilai pada alur pemasaran yang pertama lebih tinggi dibandingkan dengan saluran pemasaran yang lain, yaitu sebesar 100% dan dengan total margin yaitu Rp. 0,-/ekor yang jauh lebih kecil dari total margin pada saluran II, III, dan IV, hal ini disebabkan karena perbedaan biaya yang dikeluarkan dan tingkat keuntungan yang berbeda. Kata Kunci: sapi potong, saluran pemasaran, margin pemasaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 636 Peternakan
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 23 Jun 2020 03:48
Last Modified: 23 Jun 2020 03:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27499

Actions (login required)

View Item View Item