Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN STRATEGI TARI BAMBU (BAMBOO DANCING) BERBANTUAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA PADA MUATAN PELAJARAN PPKN DI KELAS V SDIT DARUL HIKMAH PEKANBARU

Nurul Huda, - (2020) PENERAPAN STRATEGI TARI BAMBU (BAMBOO DANCING) BERBANTUAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA PADA MUATAN PELAJARAN PPKN DI KELAS V SDIT DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYRIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
GABUNGAN.pdf

Download (24MB)

Abstract

ABSTRAK Nurul Huda, (2020): Penerapan Strategi Tari Bambu Berbantuan Media Visual untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa pada Muatan Pelajaran PPKn di Kelas V SDIT Darul Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi siswa pada tema panas dan perindahannya di kelas V SDIT Darul Hikmah Pekanbaru Kecamatan Tampan melalui penerapan strategi tari bambu berbantuan media visual. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan komunikasi siswa, hal ini terlihat dari 24 orang siswa hanya 5 orang atau 20,83% saja yang menunjukkan keterampilan komunikasi pada kategori cukup karena masih banyak siswa yang belum mampu menyampaikan pesan dan berbagi informasi terkait materi pembelajaran dengan baik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 24 orang siswa SDIT Darul Hikmah Pekanbaru Kecamatan Tampan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah strategi tari bambu berbantuan media visual dan ketetampilan komunikasi siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah observasi, tes keterampilan komunikasi siswa, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis statistik deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, bahwa strategi tari bambu berbantuan media visual dapat meningkatkan keterampilan komunikasi siswa. Hal ini dapat dilihat sebelum tindakan hasil keterampilan komunikasi siswa hanya mencapai 56,41% atau masih tergolong kurang. Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas pada siklus I, keterampilan komunikasi siswa meningkat menjadi 79,89% atau tergolong cukup baik. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 91,72% atau tergolong baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi tari bambu berbantuan media visual dapat meningkatkan keterampilan komunikasi siswa Pada Muatan Pelajaran PPKn di kelas V SDIT Darul Hikmah Pekanbaru Kecamatan Tampan. Kata Kunci: Strategi Tari Bambu Berbantuan Media Visual, Keterampilan Komunikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 22 Jun 2020 03:40
Last Modified: 22 Jun 2020 03:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27491

Actions (login required)

View Item View Item