STRATEGI PENGUSAHA WARUNG INTERNET (WARNET) DI JL. BULUH CINA KELURAHAN SIMPANG BARU KECAMATAN TAMPAN DALAM MEMPERTAHANKAN USAHA DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM

Nurhayati, (2016) STRATEGI PENGUSAHA WARUNG INTERNET (WARNET) DI JL. BULUH CINA KELURAHAN SIMPANG BARU KECAMATAN TAMPAN DALAM MEMPERTAHANKAN USAHA DITINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (426kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (263kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Pengusaha Warung Internet (warnet) di Jl. Buluh Cina Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan dalam Mempertahankan Usaha ditinjau menurut Ekonomi Islam” Penelitian ini dilatar belakangi oleh maraknya usaha warung internet di Jl. Buluh Cina Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan dan perkembangan tekhnologi komunikasi dan informasi yang mempermudah pengguna internet untuk mengakses internet kapan saja dan dimana saja. Pengusaha dituntut untuk menerapkan strategi agar usaha mereka mampu bertahan lama. Permasalahan yang diteliti adalah strategi apa yang dilakukan oleh pengusaha untuk mempertahankan usaha, apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam mempertahankan usaha dan bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap strategi pengusaha warung internet di Jl. Buluh Cina Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan dalam mempertahankan usaha. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di Jl. Buluh Cina Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan. Subjek dalam penelitian ini adalah pengusaha warung internet dan konsumen, sedangkan objeknya adalah strategi usaha warung internet. Populasi dalam penelitian berjumlah 48 orang, yang terdiri dari 8 orang pengusaha dengan menggunakan teknik total sampling sedangkan 40 orang konsumen didapat dengan menggunakan teknik accidental sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah observasi, wawancara, angket dan studi pustaka. Data primer diperoleh dari pengusaha warung internet dan konsumen sedangkan data sekunder diperoleh dari berbagai sumber yang telah dipublikasikan dan buku-buku. Teknik analisa data yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, dimana setelah data terkumpul kemudian dilakukan penganalisaan secara kualitatif lalu digambarkan dalam bentuk uraian. Setelah penelitian ini dilakukan dan dianalisa, dapat diketahui bahwa upaya yang dilakukan pengusaha dalam mempertahankan usahanya adalah mengontrol kecepatan akses internet, mengontrol kondisi perangkat komputer, memberikan harga sesuai dengan kecepatan akses, memberikan diskon bagi konsumen tetap, menjaga kebersihan tempat usaha, melakukan promosi melalui media sosial dan melakukan pelayanan yang baik. Faktor pendukung usaha warung internet di Jl. Buluh Cina adalah lokasi usaha yang berada di dekat kampus dan perumahan mahasiswa, ketersediaan modal dan kebutuhan informasi, sedangkan faktor penghambatnya adalah kondisi perangkat komputer yang rusak, listrik mati saat jam kerja, biaya listrik mahal dan melemahnya jaringan dari provider. Menurut ekonomi Islam strategi pengusaha warung internet di Jl. Buluh Cina dalam mempertahankan usahanya masih ada yang tidak sesuai dengan prinsip ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 26 Feb 2016 07:06
Last Modified: 26 Feb 2016 07:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2742

Actions (login required)

View Item View Item