Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Reseptif untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Tema Panas Dan Perpindahannya di Kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Darul Hikmah Pekanbaru

MARDIAH SIREGAR, - (2020) Penerapan Model Pembelajaran Reseptif untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Tema Panas Dan Perpindahannya di Kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Darul Hikmah Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
MARDIAH.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Mardiah Siregar, (2020): Penerapan Model Pembelajaran Reseptif untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Tema Panas Dan Perpindahannya di Kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Darul Hikmah Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa pada tema panas dan perpindahannya melalui penerapan model pembelajaran Reseptif di kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Darul Hikmah Pekanbaru. Penelitan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa diantaranya siswa kurang memperhatikan proses pembelajaran, kurang memberikan feedback saat guru bertanya, kurang berani membaca di depan kelas dengan menggunakan intonasi yang tepat. Penelitan ini merupakan Penelitan Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan 26 orang siswa kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Darul Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kualitatif dengan presentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Reseptif dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Hal ini diketahui sebelum dilakukan tindakan keaktifan belajar siswa di peroleh rata-rata 49% atau berada pada kategori kurang. Kemudian setelah menerapkan model pembelajaran Reseptif pada siklus I keaktifan belajar siswa mencapai 62% dengan kategori cukup. Pada siklus II keaktifan belajar siswa meningkat mencapai 78% dengan kategori Baik. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Reseptif meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Darul Hikmah Pekanbaru. Kata Kunci: Model Pembelajaran Reseptif, Keaktifan Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Jun 2020 03:13
Last Modified: 18 Jun 2020 03:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27364

Actions (login required)

View Item View Item