Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBERIAN TUGAS MELALUI MEDIA PAPAN FLANEL TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TAMAN KANAK- KANAK NEGERI 6 PEKANBARU

Nurfadila, - (2020) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBERIAN TUGAS MELALUI MEDIA PAPAN FLANEL TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TAMAN KANAK- KANAK NEGERI 6 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Nurfadila (2020) : Pengaruh Penggunaan Metode Pemberian Tugas Melalui Media Papan Flanel Terhadap Pekembangan Kognitif Anak Usia Dini Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Negeri 6 Pekanbaru Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan terhadap perkembangan kognitif anak yang belum berkembang dengan optimal, sehingga perlu dilakukan penerapan metode pemberian tugas melalui media papan flanel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pemberian tugas melalui media papan flanel terhadap perkembangan kongnitif anak usia dini di kelompok B Taman Kanak-kanak Negeri 6 Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah guru dan anak dengan objeknya pengaruh penggunaan metode pemberian tugas melalui media papan flanel terhadap perkembangan kognitif anak usia dini kelompok B. Populasi penelitian ini berjumlah 41 orang anak, sedangkan sampel penelitian ini adalah anak kelompok B yang terdiri dari dua kelas yaitu B1 berjumlah 10 orang anak sebagai kelas kontrol dan B2 berjumlah 10 orang anak sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling yang artinya adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t-test dengan menggunakan program SPSS Windows ver.17. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di TK Negeri 6 Pekanbaru bahwa pengaruh penggunaan metode pemberian tugas melalui media papan flanel teradap perkembangan kognitif anak usia dini Hal ini dapat diketahui dari hasil analisis data pada perbandingan pretest dan posttest kelas eksperimen yang diperoleh thitung= 46,819 dan Sig. (2-tailed) = 0.000. Karena Sig. (2-tailed) = 0.000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan setelah menggunakan metode pemberian tugas melalui media papan flanel. Jadi artinya Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti dalam penelitian ini terdapat pengaruh penerapan metode pemberian tugas melalui media papan flanel sebelum dan sesudah perkembangan kognitif anak yang berada pada kelas eksperimen. Pengaruh penggunaan metode pemberian tugas melalui media papan flanel terhadap perkembangan kognitif anak kelompok B di TK Negeri 6 Pekanbaru sebesar 89,71%. Kata Kunci: Metode pemberian tugas, Media papan flanel, Perkembangan kognitif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 Jun 2020 03:12
Last Modified: 17 Jun 2020 03:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27346

Actions (login required)

View Item View Item