KONSEP KEADILAN DALAM PEMASARAN PADA CITRA SWALAYAN SYARIAH RUMBAI MENURUT EKONOMI ISLAM

Feggy Aristyanto, (2016) KONSEP KEADILAN DALAM PEMASARAN PADA CITRA SWALAYAN SYARIAH RUMBAI MENURUT EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (436kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (263kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul: KONSEP KEADILAN DALAM PEMASARAN PADA CITRA SWALAYAN SYARIAH RUMBAI MENURUT EKONOMI ISLAM. Penelitian ini di latar belakangi oleh Citra Swalayan Syariah yang merupakan terobosan swalayan yang berbasis syariah pertama di kota Pekanbaru yang baru beberapa tahun berdiri sudah mampu bersaing dengan bisnis serupa yang sudah lama menjamur di Pekanbaru, Namun dari hasil observasi yang penulis lakukan masih ada permasalahan yang membuat swalayan ini belum benar-benar menerapkan sistem syariahnya terutama konsep keadilan dari aspek pemasarannya. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: Bagaimana konsep keadilan dalam pemasaran yang telah dilaksanakan Citra Swalayan Syariah Rumbai dan Bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap konsep keadilan dalam pemasaran di Citra Swalayan Syariah Rumbai. Jenis dan sumber data terdiri dari data primer dan data skunder. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan angket. Metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah metode deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 1 orang pimpinan dan 2 orang karyawan Citra Swalayan Syariah, beserta konsumen yang berjumlah 100 orang, karena jumlah pelanggannya tidak terbatas dan tidak tetap maka peneliti mengambil sampel acak konsumen sebanyak yang telah disebutkan yakni 100 orang. Metode pengambilan sampel yang peneliti gunakan adalah metode accidental sampling yaitu orang yang diambil sebagai anggota sampel adalah mereka yang kebetulan ditemukan atau mereka yang mudah di temui, atau di jangkau. Hasil penelitian yang didapat bahwa (1) konsep keadilan dalam pemasaran yang dilaksanakan berdasarkan unsur keadilan yang terdiri dari kebenaran, kejujuran, keberanian, kelurusan, dan kejelasan dalam aspek pemasaran seperti produk, pelayanan, harga, dan promosi belum memiliki kejelasan dikarenakan kurangnya komitmen Citra Swalayan Syariah dalam menjalankan konsep syariah. (2) konsep keadilan dalam pemasaran di Citra Swalayan Syariah menurut ekonomi islam belum begitu sesuai. Walaupun mereka berbisnis dengan menggunakan konsep syariah, namun belum sepenuhnya berjalan, dan masih perlu perbaikan agar konsep adil dalam pemasaran islam berjalan sebagaimana mestinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Feb 2016 07:04
Last Modified: 25 Feb 2016 07:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2721

Actions (login required)

View Item View Item