Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PETERNAK PLASMA TERHADAP KINERJA KEMITRAAN PT. PRADA MAKMUR SEJAHTERA DI KABUPATEN KAMPAR

Rinaldi Reza, - (2020) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PETERNAK PLASMA TERHADAP KINERJA KEMITRAAN PT. PRADA MAKMUR SEJAHTERA DI KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
GABUNGAN reza.pdf

Download (2MB)
[img] Text
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (642kB)

Abstract

ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PETERNAK PLASMA TERHADAP KINERJA KEMITRAAN PT. PRADA MAKMUR SEJAHTERA DI KABUPATEN KAMPAR Rinaldi Reza (11381106233) Dibawah Bimbinga Elviriadi dan Triani Adelina INTISARI Menurut Undang-undang (UU) No. 9 Tahun 1995, kemitraan merupakan kerja sama antara usaha kecil dengan usaha menengah atau usaha besar disertai pembinaan dan pengembangan yang berkelanjutan oleh usaha menengah atau usaha besar dengan memperhatikan prinsip saling memerlukan, saling memperkuat dan saling menguntungkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kemitraan yang dilakukan PT. PMS dengan peternak plasma di Kabupaten Kampar dan untuk mengetahui tingkat kepuasan peternak plasma terhadap kinerja pelayanan PT. PMS di Kabupaten Kampar. Penelitian ini telah dilaksanakan di Kabupaten Kampar selama satu bulan, yakni pada bulan Februari 2019. Pemilihan lokasi ini dilakukan secara sengaja (purposive), dengan pertimbangan bahwa lokasi peternak yang mudah di jangkau dan perusahaan kemitraan PT. Prada Makmur Sejahtera memiliki jumlah peternak plasma cukup banyak di Kabupaten Kampar. Metode yang digunakan adalah Importance and Performance Analysis (IPA) atau Analisis Tingkat Kepentingan dan Kinerja (kepuasan) digunakan untuk mengetahui tingkat kepentingan dan tingkat kinerja yang dirasakan peternak plasma terhadap atribut-atribut mutu pelayanan PT. PMS. Hasil penelitian menujukkan bahwa tingkat kepuasan peternak terbagi menjadi 4 kuadaran, yakni kuadran A merupakan atribut yang menjadi prioritas utama yaitu, Kualitas DOC, ketepatan waktu panen, respon terhadap keluhan dan keseuaian harga hasil panen. Kuadran B merupakan atribut yang perlu dipertahankan oleh perusahaan inti yaitu, harga kontrak pakan, kualitass pakan, harga obat dan vaksin, kualitas obat dan vaksin, penerapan standar produksu, pemberian kompensasi dan pemberian bonus. Kuadran C merupakan atribut tingkat prioritasnya masih rendah yaitu, penerapan harga kontrak DOC dan jadwal pengiriman sarana produksi (pakan dan DOC). Kuadran D merupakan kuadran yang dianggap kinerjanya yang dianggap kurang penting oleh peternak dan kinerja yang dilakukan oleh pihak perusahaan dirasakan tinggi, sehingga perusahaan tidak perlu melakukan perbaikan yaitu, bimbingan teknis dan frekuaensi bimbingan teknis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, berdasarkan perhitungan nilai Costumer Satisfaction Index (CSI) pada pengolahan data yang telah dilakukan sebelumnya, nilai kinerja ataupun pelayanan yang telah dilakukan oleh pihak PT. PMS ialah sebesar 0,8215 atau 82,15%, dan nilai ini termasuk kedalam kriteria sangat puas. Kata Kunci: Kemitraan, Inti Plasma, Tingkat Kepuasan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 636 Peternakan
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 15 Jun 2020 13:45
Last Modified: 15 Jun 2020 13:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27208

Actions (login required)

View Item View Item