Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE AND REVIEW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH AL-IKHWAN PEKANBARU

TANIA IRANI, - (2020) PENERAPAN METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE AND REVIEW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH AL-IKHWAN PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img] Text
TANIA IRIANI.pdf

Download (14MB)

Abstract

ABSTRAK Tania Irani, (2020): Penerapan Metode Survey, Question, Read, Recite and Review untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa pada Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhwan Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa pada tema indahnya keragaman di negeriku melalui penerapan metode SQ3R kelas IV MI Al-Ikhwan Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam memahami teks yang dibaca. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 26 orang siswa. Sedangkan objeknya adalah Penerapan metode Survey, Question, Read, Recite and Review dan kemampuan membaca pemahaman. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa metode Survey, Question, Read, Recite and Review (SQ3R) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes kemampuan membaca pemahaman siswa sebelum tindakan hanya mencapai rata-rata 63,96 dengan ketuntasan klasikal 42,30% atau tergolong kurang. Setelah menerapkan metode Survey, Question, Read, Recite and Review pada siklus I kemampuan membaca pemahaman siswa meningkat dengan rata-rata 76,69 dengan ketuntasan klasikal 69,23% atau tergolong cukup. Pada siklus II kemampuan membaca pemahaman siswa semakin meningkat dengan rata-rata 84,46 dengan ketuntasan klasikal 88,46% atau tergolong sempurna. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Survey, Question, Read, Recite and Review dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhwan Pekanbaru. Kata Kunci: Metode Survey, Question, Read, Recite and Review (SQ3R), Kemampuan Membaca Pemahaman

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 12 Jun 2020 02:59
Last Modified: 12 Jun 2020 02:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/27187

Actions (login required)

View Item View Item