Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS MARGIN PEMASARAN TELUR AYAM RAS DI PETERNAKAN SUBUR KOTA PEKANBARU

Muhammad Hafidz, - (2020) ANALISIS MARGIN PEMASARAN TELUR AYAM RAS DI PETERNAKAN SUBUR KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
GABUNGAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHSAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (609kB)

Abstract

ANALISIS MARGIN PEMASARAN TELUR AYAM RAS DI PETERNAKAN SUBUR KOTA PEKANBARU Muhammad Hafidz (11381102517) Dibawah bimbingan Penti Suryani dan Dewi Ananda Mucra INTISARI Ayam ras petelur merupakan salah satu jenis ayam komersial yang sangat efisien dalam menghasilkan telur. Bangsa ayam yang termasuk kelas ini dapat dikenal karena ayam itu mempunyai ukuran badan yang kecil dan aktif, mudah terkejut, cepat dewasa dan tidak memiliki sifat mengeram, kebanyakan atau hampir semuanya mempunyai kaki yang bersih (tidak berbulu) dan cuping telinganya berwarna putih. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui saluran pemasaran, margin dan efesiensi pemasaran telur ayam ras di peternakan subur Kota Pekanbaru. Penelitian ini dilaksanakan pada peternakan subur Kota Pekanbaru dengan jumlah sampel responden sebanyak 3 orang karyawan peternakan dan 40 orang pedagang. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif berdasarkan survei dan pengamatan yang dilakukan, serta dengan menghitung share margin untuk setiap saluran pemasaran. Hasil penelitian diperoleh bahwa model saluran pemasaran yang terbentuk dari proses pemasaran telur ayam ras di Peternakan Subur Kota Pekanbaru terdiri dari 3 saluran pemasaran dimana saluran I adalah Peternak → Pedagang grosir → Pedagang pengecer → Konsumen, dengan margin Rp 430,-, nilai farmer share 70,9%. Saluran pemasaran II adalah Peternak → Pedagang pengecer → Konsumen, dengan nilai margin Rp 200,-, nilai farmer share 84,8%. Saluran pemasaran III adalah Peternak → Konsumen, dengan nilai farmer share 100%. Saluran pemasaran I,II dan III tergolong efisien, karena pemasaran dikatakan efisien jika farmer’s share lebih dari 40%. Kata kunci: Telur ayam ras, Saluran pemasaran, Margin, farmer share,Efisiensi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 636 Peternakan
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 10 Jun 2020 02:31
Last Modified: 10 Jun 2020 02:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/26988

Actions (login required)

View Item View Item