Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERANAN GURU DALAM PENGEMBANGAN POTENSI BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU

Siti RohmaTussaiyada, - (2020) PERANAN GURU DALAM PENGEMBANGAN POTENSI BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (15MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (725kB)

Abstract

ABSTRAK Siti RohmaTussaiyada, (2019): Peranan Guru dalam Pengembangan Potensi Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan guru dalam pengembangan potensi berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Adapun yang melatar belakangi penelitian ini adalah masih ada guru yang kurang maksimal dalam mengembangkan potensi berpikir siswa, terdapat juga siswa yang kurang memahami materi yang disampaikan guru, ada yang kurang aktif dalam menyampaikan pendapat dan juga kurang memperhatikan penjelasan yang diberikan guru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SOS berjumlah 6 orang dan guru ekonomi 2 orang di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah peranan guru dalam pengembangan potensi berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumetasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisa data deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan guru dalam pengembangan potensi berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru sudah tergolong baik. Karena guru sudah maksimal dalam mengembangkan potensi berpikir siswa dan siswanya juga aktif dalam menyampaikan pendapat dan juga sudah mampu memahami pelajaran yang diberikan guru, dan memperhatikan pelajaran saat guru menjelaskannya di depan. Kata Kunci: Peranan Guru, Pengembangan Potensi Berpikir Kritis Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 04 Jun 2020 17:10
Last Modified: 04 Jun 2020 17:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/26976

Actions (login required)

View Item View Item