Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PROMOSI TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENJADI NASABAH PADA BMT SAKINAH KECAMATAN BUKIT RAYA KOTA PEKANBARU

Ahmad Sanusi (2016) PENGARUH PROMOSI TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENJADI NASABAH PADA BMT SAKINAH KECAMATAN BUKIT RAYA KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (315kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (251kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pengaruh Promosi Terhadap Minat Masyarakat Menjadi Nasabah Pada BMT Sakinah Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru”. Promosi merupakan bagian yang ditujukan untuk mempengaruhi nasabah agar mereka dapat mengenal akan produk yang ditawarkan oleh pihak yang bersangkutan. Banyak orang yang menganggap penjualan dan pemasaran sebagai dua istilah yang mempunyai arti sama, sedangkan yang sebenarnya penjualan hanyalah salah satu komponen dari pemasaran. Kita menganggap penjualan dan promosi sebagai istilah yang sama artinya akan tetapi lebih menyukai istilah promosi dalam defenisi kita promosi meliputi periklanan, penjualan personal dan lain cara penjualan. Cara-cara itu bersama-sama merupakan faktor dasar dalam bauran pemasaran. Pada dasarnya promosi merupakan usaha dalam bidang informasi, himbauan (persousion= bujukan) dan komunikasi. bidang ini saling berhubungan sebab memberi informasi, adalah himbauan dan sebaliknya seorang yang dihimbau juga diberikan informasi, dan himbaun dan informasi akan menjadi efektif dengan dikomunikasikannya pada penerima. Walaupun promosi bukan satu-satunya cara untuk meningkatkan minat masyarakat untuk menjadi nasabah, tetapi cukup punya andil dalam mempengaruhi pencapaian target yang diinginkan. Untuk itu promosi harus dilaksanakan dengan cara serta media yang tepat, dan sesuai sehingga promosi menjadi efektif dan diharapkan dapat mencapai sasaran dalam upaya meningkatkan minat masyarakat untuk menjadi nasabah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah promosi berpengaruh terhadap minat masyarakat menjadi nasabah pada BMT Sakinah Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru? Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Reseacrch) yang dilakukan pada BMT Sakinah Kec Bukit Raya Kota Pekanbaru. Subjek adalah Pimpinan, Karyawan BMT dan Nasabah. Objeknya Pengaruh Promosi Terhadap Minat Masyarakat Menjadi Nasabah Pada BMT Sakinah Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru. Adapun populasi 46 orang Nasabah, Sampel 7 orang Karyawan berjumlah 53 orang. Sedangkan metode pengumpulan datanya adalah Angket, Observasi, Wawancara, Studi pustaka, Dokumentasi. Setelah data dikumpulkan dengan lengkap maka penulis menganalisis dengan teknik Kuantitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan di BMT Sakinah Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru. Maka ditarik kesimpulan bahwa promosi di BMT Sakinah Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru. termasuk dalam kategori cukup baik dengan tingkat persentasenya 70.2%. Promosi yang telah dilakukan dikatakan cukup baik karena telah memenuhi aspek-aspek yang menjadi indikator promosi dan dari uji R atau Koefesien korelasi diperoleh nilai sebesar 0,018%, berarti hubungan keeratan secara bersama-sama antara variabel dependen dan variabel independen adalah sangat rendah karena berada di interpretasi yang berkisar antara 0,20 – 0,399. Sedangkan koefisien determinasi sebesar 0,103 artinya 10% promosi mempengaruhi minat masyarakat menjadi nasabah di BMT Sakinah Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru sedangkan sisanya sebesar (100% - 10% = 90%) dipengaruhi sebab-sebab yang lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Feb 2016 02:52
Last Modified: 25 Feb 2016 02:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2685

Actions (login required)

View Item View Item