Zoko Syahputra (2016) STRATEGI DAKWAH BERBASIS SOCIAL NETWORK (Tinjauan Majelis Dakwah Al-Bahjah Cirebon). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (473kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (451kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (275kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (515kB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (278kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan bahwa dakwah berbasis social network merupakan fenomena baru dalam dunia dakwah di era modernisasi ini. Strategi dakwah adalah siasat, taktik yang dipergunakan dalam aktivitas dakwah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi dakwah Majelis Dakwah Al-Bahjah Cirebon berbasis social network. Dengan demikian, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi Majelis Dakwah Al-Bahjah Cirebon berbasis social network. Subjek penelitian ini adalah Majelis Dakwah Al Bahjah Cirebon. Selanjutnya yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah strategi dakwah berbasis social network. Penelitian ini disusun dengan kerangka pikir yang sistematis dengan menggunakan model deduktif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Informan penelitian berjumlah 6 (enam) orang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian hasil data tersebut dianalisis dengan teknik perbandingan tetap (constant comparative method). Penelitian ini menemukan bahwa strategi dakwah Majelis Dakwah Al-Bahjah Cirebon berbasis social network telah tersistem dengan baik. Juru dakwah (da’i) dalam kegiatan ini adalah Abuya Yahya Zainul Ma’arif sebagai da’i utama dan didukung oleh da’i lainnya di Tim Dakwah Al-Bahjah. Pemetaan kondisi umat (mad’u) di social network dilakukan melakukan pengklasifikasian terhadap pengguna sosial media menjadi kalangan anak-anak, kalangan remaja dan kalangan dewasa. Perumusan materi dakwah (maddah) meliputi Akidah, Ibadah dan Muammalah yang termaktub di dalam Al-Qur’an, Al-Hadits maupun Ijma’ para ulama. Ditambah dengan materi-materi fenomenal atau tranding topic sesuai dengan pembicaraan yang berkembang. Penyampaian materi dakwah (mawdu’) lebih cenderung menggunakan metode bil-qalam dan metode bil-lisan yang memang sesuai untuk dakwah berbasis social network. Selanjutnya pemilihan situs jejaring sosial (wasilah) dilakukan dengan pertimbangan potensi dan peluang yang ada. Akun akun social network yang dipilih karena dianggap potensial adalah Facebook sebagai akun utama, Youtube sebagai akun prioritas selanjutnya dan Twitter serta akun lainnya sebagai akun penunjang. Pengelolaan feedback yang dilakukan dalam kegiatan dakwah ini juga telah dilakukan dengan tindakan yang cukup bijak. Respon yang hadir akan ditanggapi langsung dan kemungkinan juga akan ditanggapi oleh Abuya Yahya terlebih dahulu. Kata Kunci : Strategi Dakwah, Social Network
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.7 Perkembangan Islam > 297.74 Dakwah Islam, Penyebaran Islam |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 24 Feb 2016 07:50 |
Last Modified: | 24 Feb 2016 07:50 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2672 |
Actions (login required)
View Item |