Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINGKAT PARTISIPASI IBU RUMAH TANGGA TERHADAP PENINGKATAN EKONOMI KELUARGA MELALUI USAHA KERAJINAN TANGAN ANYAMAN ROTAN DI KAMPUNG TUALANG KECAMATAN TUALANG KABUPATEN SIAK.

Riska Safitri, - (2020) TINGKAT PARTISIPASI IBU RUMAH TANGGA TERHADAP PENINGKATAN EKONOMI KELUARGA MELALUI USAHA KERAJINAN TANGAN ANYAMAN ROTAN DI KAMPUNG TUALANG KECAMATAN TUALANG KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNG.pdf

Download (7MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (735kB)

Abstract

Nama :RISKA SAFITRI Nim :11641202453 Judul :TINGKAT PARTISIPASI IBU RUMAH TANGGA TERHADAP PENINGKATAN EKONOMI KELUARGA MELALUI USAHA KERAJINAN TANGAN ANYAMAN ROTAN DI KAMPUNG TUALANG KECAMATAN TUALANG KABUPATEN SIAK. Penelitian ini dilatarbelakangi dari keikutsertaan para ibu rumah tangga dalam membantu kepala keluarga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, hal ini dikarenakan pendapatan yang dihasilkan oleh suami tidak menentu dan relatif kecil sehingga berdampak terhadap keberlangsungan hidup keluarga sehari-hari. Melalui usaha kerajinan tangan anyaman rotan para ibu rumah tangga dapat berpartisipasi dalam memenuhi kebutuhan keluarganya sehingga tingkat kesejahteraan keluarganya semakin tinggi hal ini dapat dilihat dari para ibu rumah tangga mampu membiayai pendidikan anak-anaknya, terpenuhinya kebutuhan sehari-hari, mampu membeli obat ketika sakit, serta para ibu rumah tangga mampu menyisihkan sebagian penghasilannya guna disimpan sebagai tabungan untuk masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Tingkat Partisipasi Ibu Rumah Tangga Terhadap Peningkatan Ekonomi Keluarga Melalui Usaha Kerajinan Tangan Anyaman Rotan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan Teknik Analisa data Correlations Coefficient Product Moment menggunakan alat bantu program SPSS 23. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu rumah tangga yang bekerja sebagai pengrajin anyaman rotan berjumlah 102 orang. Sedangkan untuk pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Random Sampling (sampel acak) dengan menggunakan rumus Slovin, didapatkan hasil sebanyak 50 sampel. Dari hasil nilai koefisien korelasi (r) adalah sebesar 0,993 (99,3%) berada pada interval 0,80-0,1000. Hal ini berarati variabel independent (Tingkat Partisipasi Ibu Rumah Tangga) menjelaskan berpartisipasi terhadap variabel dependent (Peningkatan Ekonomi Keluarga) yang berarti sangat kuat berpartisipasi. Peneliti menyimpulkan bahwa terdapat partisipasi yang signifikan antara partisipasi ibu rumah tangga terhadap peningkatan ekonomi keluarga melalui usaha kerajinan tangan anyaman rotan di Kampung Tualang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. Kata Kunci : Partisipasi Ibu Rumah Tangga, Peningkatan Ekonomi Keluarga

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 04 May 2020 03:49
Last Modified: 04 May 2020 03:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/26363

Actions (login required)

View Item View Item