Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERSEPSI SISWA TENTANG PEMBENTUKAN KARAKTER PERCAYA DIRI DALAM KEGIATAN EKSTRA KURIKULER MUHADHARAH DI MAN 2 INHIL KUALA ENOK KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

NUURUL SAFITRI, - (2019) PERSEPSI SISWA TENTANG PEMBENTUKAN KARAKTER PERCAYA DIRI DALAM KEGIATAN EKSTRA KURIKULER MUHADHARAH DI MAN 2 INHIL KUALA ENOK KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (476kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa tentang pembentukan karakter percaya diri dalam kegiatan ekstra kurikuler muhadharah dan faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan percaya diri dalam kegiatan ekstra kurikuler muhadharah di MAN 2 Inhil Kuala Enok Kabupaten Indragiri Hilir. Populasi dalam penelitian ini adalah guru pembina muhadharah yang berjumlah 1 orang dan seluruh siswa MAN 2 Inhil Kuala Enok Kabupaten Indragiri Hilir yang menjadi responden dengan jumlah 223 orang. Dikarenakan jumlah populasi responden yang besar maka penulis mengambil sampel 20 % dengan jumlah 45 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah persepsi siswa tentang pembentukan karakter percaya diri dalam kegiatan ekstra kurikuler muhadharah. Bentuk penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan persentase. Dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan data yang diperoleh di lapangan dan setelah dianalisa, maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa tentang pembentukan karakter percaya diri dalam kegiatan ekstra kurikuler muhadharah di MAN 2 Inhil Kuala Enok Kabupaten Indragiri Hilir, dikategorikan ”Baik”, hal ini dapat dilihat dari hasil akhir persentasenya sebesar 73,91%. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan karakter percaya diri dalam kegiatan ekstra kurikuler muhadharah adalah: (a) konsep diri, (b) lingkungan keluarga, (c) pendidikan formal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 23 Jul 2020 02:52
Last Modified: 23 Jul 2020 02:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/26039

Actions (login required)

View Item View Item