Sawaluddin (2017) Potensi Indra, Akal, dan Kalbu Menurut Al-Qur’an dan Aplikasinya dalam Pengembangan Pendidikan Dasar. Disertasi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
1. 2017161PAI-S3COVER.pdf Download (258kB) |
|
Text
2. 2017161PAI-S3PENGESAHAN.pdf Download (290kB) |
|
Text
3. 2017161PAI-S3ABSTRAK.pdf Download (317kB) |
|
Text
4. 2017161PAI-S3KATA PENGANTAR BARU.pdf Download (269kB) |
|
Text
5.2017161PAI-S3 DAFTAR IS TERBARU.pdf Download (262kB) |
|
Text
6. 2017161PAI-S3DISERTASI BAB I PROMOSI.pdf Download (696kB) |
|
Text
7. 2017161PAI-S3DISERTASI BAB II PROMOSI.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. 2017161PAI-S3DISERTASI BAB III PROMOSI.pdf Download (1MB) |
|
Text
10. 2017161PAI-S3DISERTASI BAB IV PROMOSI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
11. 2017161PAI-S3DISERTASI BAB V PROMOSI.pdf Download (320kB) |
|
Text
12. 2017161PAI-S3DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (443kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh Manusia dilengkapi dengan fitrah Allah yang dapat diisi dengan berbagai kecakapan dan keterampilan, sesuai dengan kedudukannya sebagai makhluk yang mulia dan sebaik-baik ciptaan (ahsani taqwim ). Pikiran, perasaan, dan kemampuannya berbuat merupakan komponen fitrah Allah yang melengkapi penciptaan manusia, sebagaimana yang tersurat dalam al-Qur’an surat ar-Rum ayat 30. Potensi yang ada perlu dikembangkan, sehigga anak tumbuh menjadi manusia yang insan kamil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja Potensi Indra, Akal, dan Qalbu dalam al-qur’an dan pengembangan Potensi Indra, Akal, dan Kalbu Menurut AlQur’an dan Aplikasinya dalam Pendidikan Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang didesain dalam bentuk penelitian kepustakaan atau Library research. Objek penelitian ini adalah Al-Qur’an. Sejalan dengan itu, maka metode penelitian yang digunakan adalah metode tafsir Al-Qur’an. Sumber primer adalah Al-qur’an dan sumber-skundernya adalah tulisan yang berhubungan dengan penelitian penulis. Sedangkan teknik analis datanya yang digunakan adalah, Pertama, memilih istilah-istilah kunci (key terms ) dari vocabulary Al- Qur’an dalam menjelaskan tentang potensi manusia. Kedua, menentukan makna pokok (basic meaning ) dan makna nasabi (relational meaning ), Ketiga, menyimpulkan dan menyatukan konsep-konsep itu ke dalam satu konsep umum. Berdasarkan hasil analis yang penulis dilakukan, dapat diketahui bahwa; Potensi Indra dalam al-qur’an adalah pendengaran (al-sam’ ), penglihatan (al-bashr), peraba, dan indra rasa (al-dhuq); Potensi Akal dalam al-qur’an adalah berupa, memahami (faqiha ), mengetahui (‘alima ), mengingat (dzakara ), memperhatikan (tadabbara )Ulu al-Abab, dan berpikir (tafakkur ). Sedangkan Potensi qalb dalam al-qur’an adalah, shadr, fu’ād, qalb dan lubb, ketiga potensi tersebut memiliki hubungan yang erat dan saling membutuhkan agar manusia merespon apa yang ada disekitarnya. Oleh sebab itu perlu pengembangan terhadap ketiga potensi tersebut dalam pendidikan Dasar. Adapun pengembangan Potensi Indra, Akal, dan Kalbu Menurut Al-Qur’an dan Aplikasinya dalam Pendidikan Dasar adalah dengan melalui pendekatan, Tafakur, Taddabbur dan penanaman akidah yang baik, dengan melaui Pendekatan, Metode, Teknik dan Strategi Pembelajaran yang sesuai dengan materi ketiga potensi tersebut, baik akal, indra dan qalb. Dengan dipelihara, dibimbing dan dikembangkan secara terarah, bertahap dan berkesinambungan.
Item Type: | Thesis (Disertasi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama |
Divisions: | Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 17 Feb 2020 03:58 |
Last Modified: | 17 Feb 2020 03:58 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25963 |
Actions (login required)
View Item |