Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN STRATEGI BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PAYAKUMBUH

SRI NEZA WULANDARI, - (2019) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PAYAKUMBUH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (681kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi blended learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Payakumbuh. Jenis Penelitian ini adalah Quasi Eksperiment. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X, XI, dan XII yang berjumlah 1142 orang, dengan sampel kelas XI IPS 1 (kelas eksperiment) dan XI IPS 3 (kelas kontrol). Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, dengan pertimbangan kelas IPS (XI dan XII) lebih dekat dengan ekonomi, sedangkan kelas XII tidak boleh diganggu, jadi peneliti hanya mengambil kelas XI IPS. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis datanya analisis data deskriptif kuantitatif. Subjeknya siswa kelas XI IPS Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Payakumbuh, sedangkan objeknya pengaruh penerapan strategi blended learning terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, uji test t menunjukkan bahwa thitung>ttabel baik taraf signifikan 5% (1,673) maupun 1% (2,395) atau 1,673 < 3,155 > 2,395 yang berarti maka Ha diterima dan Ho ditolak, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan strategi blended learning terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Payakumbuh. Adapun besarnya kontribusi pengaruh penerapan strategi blended learning terhadap hasil belajar Siswa dari nilai r-square ditemukan sebesar 15,09% sedangkan sisanya sebesar 84,01% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: Strategi Blended Learning, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 03 Feb 2020 06:39
Last Modified: 03 Feb 2020 06:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25752

Actions (login required)

View Item View Item