PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KAMPAR TIMUR

WIDIA PUTRI, - (2019) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KAMPAR TIMUR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (601kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih adanya siswa yang menolak untuk belajar, kurang percaya diri, dan ingin tahunya rendah, tetapi nilai mata pelajaran ekonominya tinggi, dan begitu pula sebaliknya, masih ada siswa yang mau belajar, percaya diri dan memiliki rasa ingin tahu yang besar, tetapi nilai mata pelajaran ekonominya rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif Korelatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa yang belajar ekonomi. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kecerdasan emosional dan prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah 600 orang siswa dengan jumlah sampel 240 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan uji korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa memiliki pengaruh yang signifikan yaitu pada uji korelasi dapat disimpulkan bahwa r hitung > r tabel pada taraf signifikan 5% (0.548 > 0.195) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar Timur. Berdasarkan persentase pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa sebesar 30%, berada pada rentang 21% - 40% yang dikategorikan kurang baik. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 31 Jan 2020 03:56
Last Modified: 31 Jan 2020 03:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25715

Actions (login required)

View Item View Item