Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Penggantian Tepung Ikan dengan Tepung Keong Mas (Pomacea canaliculata L.) dalam Ransum Basal Terhadap Plasma Metabolit Ayam Ras Pedaging Fase Starter

Alpian Arbi Harahap, al (2019) Pengaruh Penggantian Tepung Ikan dengan Tepung Keong Mas (Pomacea canaliculata L.) dalam Ransum Basal Terhadap Plasma Metabolit Ayam Ras Pedaging Fase Starter. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
Gabungan Kecuali BAB IV.pdf

Download (8MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)

Abstract

PENGARUH PENGGANTIAN TEPUNG IKAN DENGAN TEPUNG KEONG MAS (Pomacea canaliculata L.) DALAM RANSUM BASAL TERHADAP PLASMA METABOLIT AYAM RAS PEDAGING FASE STARTER Alpian Arbi Harahap ( 11581102292) Dibimbing oleh Edi Erwan dan Dewi Febrina INTISARI Keong mas (%) merupakan pakan alternatif yang mempunyai kandungan protein tinggi yang hampir sama dengan tepung ikan (%). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggantian tepung ikan dengan tepung keong mas (Pomacea canaliculata L.) dalam ransum basal terhadap plasma metabolit ayam ras pedaging fase starter, meliputi kolesterol darah, trigliserida darah, glukosa darah, dan total protein darah. Penelitian ini telah dilaksanakan dari bulan Januari sampai Maret 2019 di Laboratorium UIN Agriculture Research and Development Station (UARDS) Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau dan Klinik Paramitha Pekanbaru. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksprimen dengan Rancangan Acak Lengkap menggunakan 60 ekor DOC dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan, masing-masing perlakuan terdiri dari 3 ekor ayam pedaging, yang dipelihara selama 21 hari. Perlakuan dalam penelitian ini adalah penggantian tepung ikan dengan tepung keong mas dengan level 0, 3, 6, dan 9%. Parameter yang diukur adalah kolesterol darah, trigliserida darah, glukosa darah, dan total protein darah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggantian tepung ikan dengan tepung keong mas level 9% berpengaruh sangat nyata (P< 0,05) meningkatkan kolesterol darah, glukosa darah, dan total protein darah ayam ras pedaging. Level 6% dapat menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan kadar glukosa darah dan total protein darah. Level 0% dapat menurunkan kadar kolesterol, kadar glukosa darah, dan kadar total protein darah. Kesimpulan penelitian ini adalah penggantian tepung ikan dengan tepung keong mas di dalam ramsum basal dapat digunakan sampai level 3% untuk mempertahankan kadar plasma metabolit ayam ras pedaging fase starter. Kata Kunci : Tepung Keong Mas; Plasma Metabolit; Ayam Ras Pedaging.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 636 Peternakan
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 29 Jan 2020 02:14
Last Modified: 29 Jan 2020 02:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25631

Actions (login required)

View Item View Item