Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE HYPNOTEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 017 TANDAN SARI KECAMATAN TAPUNG HILIR KABUPATEN KAMPAR

Riri Widayanti, - (2019) PENERAPAN METODE HYPNOTEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 017 TANDAN SARI KECAMATAN TAPUNG HILIR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada tema lingkungan sahabat kita yang terfokus pada muatan ilmu pengetahuan sosial di kelas V Sekolah Dasar Negeri 017 Tandan Sari Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar dengan penerapan metode hypnoteaching. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan sekolah yaitu 75. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 25 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode hypnoteaching dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dua siklus, setiap siklus dilakukan dalam dua pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa penerapan metode hypnoteaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat sebelum tindakan hanya mencapai rata-rata 68,24 dengan ketuntasan klasikal 40% atau tergolong “kurang”. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata 73,8 dengan ketuntasan klasikal 68% atau tergolong “cukup”. Pada siklus II hasil belajar siswa semakin meningkat dengan rata-rata 81,6 dengan ketuntasan klasikal 84% atau tergolong “baik”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode hypnoteaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 017 Tandan Sari Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Metode Hypnoteaching, Hasil Belajar, Tema Lingkungan Sahabat Kita

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Jan 2020 02:58
Last Modified: 24 Jan 2020 02:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25429

Actions (login required)

View Item View Item